PERAN POLA ASUH AUTORITATIF DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PROBLEM FOCUSED COPING PADA REMAJA AKHIR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FK UNUD

  • Made Ayu Praditya Larashati Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • I Made Rustika Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Abstract

Problem focused coping adalah usaha yang digunakan individu untuk mengurangi stres yang dihadapi dalam mengatasi masalah secara langsung dengan mengelola masalah tersebut. Taraf problem focused coping dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman usia dini seperti pola pengasuhan orang tua. Di samping itu kemampuan berpikir jernih dan bersikap tenang membantu individu untuk mengendalikan diri dalam menghadapi masalah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran pola asuh autoritatif dan kecerdasan emosional terhadap problem focused coping pada remaja akhir. Subjek penelitian ini adalah 156 remaja akhir di Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Instrumen penelitian ini adalah skala problem focused coping, skala kecerdasan emosional, dan skala pola asuh autoritatif. Hasil yang diperoleh dari analisis regresi ganda menunjukkan nilai R=0,510 (p<0,05) dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,260, dengan demikian dapat disebutkan bahwa pola asuh autoritatif dan kecerdasan emosional secara bersama-sama berperan sebesar 26% terhadap problem focused coping pada remaja akhir. Koefisien beta terstandarisasi kecerdasan emosional sebesar 0,484 dan signifikansi 0,000 (p<0,05) menunjukkan kecerdasan emosional berperan terhadap problem focused coping. Koefisien beta terstandarisasi pola asuh autoritatif sebesar 0,084 dan signifikansi 0,240 (p>0,05) menunjukkan pola asuh autoritatif tidak berperan terhadap problem focused coping.

 

Kata Kunci: problem focused coping, kecerdasan emosional, pola asuh autoritatif, remaja akhir

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Made Ayu Praditya Larashati, Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

I Made Rustika, Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Published
2017-04-01
How to Cite
LARASHATI, Made Ayu Praditya; RUSTIKA, I Made. PERAN POLA ASUH AUTORITATIF DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PROBLEM FOCUSED COPING PADA REMAJA AKHIR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FK UNUD. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 4, n. 1, apr. 2017. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/30017>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2017.v04.i01.p15.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)