PERBEDAAN TINGKAT PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA IBU RUMAH TANGGA DENGAN IBU BEKERJA DI KABUPATEN GIANYAR

  • Ni Luh Komang Apsaryanthi Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • Made Diah Lestari Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Abstract

Psychological well-being menunjukkan kondisi mental yang sehat yang ditandai dengan adanya kebahagiaan, mampu menghadapi tantangan atau masalah dan menggunakan potensi yang dimiliki dengan optimal. Psychological well-being penting dimiliki oleh para ibu. Peran ibu dapat dibedakan menjadi ibu rumah tangga dan ibu bekerja. Ibu rumah tangga akan fokus dan memiliki lebih banyak waktu dalam melaksanakan perannya dalam keluarga, sedangkan ibu bekerja harus mampu mengatur waktu untuk melaksanakan peran dalam keluarga dan juga peran dalam pekerjaannya. Perbedaan peran dan tanggung jawab antara ibu rumah tangga dan ibu bekerja dapat mempengaruhi psychological well-being. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat psychological well-being pada ibu rumah tangga dengan ibu bekerja di Kabupaten Gianyar.

Subjek dalam penelitian ini berjumlah 200 individu yang terdiri dari 100 ibu rumah tangga dan 100 ibu bekerja. Metode pengambilan data menggunakan skala psychological well-being dengan koefisien Cronbach’s Alpha (a=0,877). Analisis statistik yang digunakan adalah Independent Sample T-Test. Hasil dari uji analisis data yaitu terdapat nilai signifikansi p=0,000 (p<0,05). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan psychological well-being pada ibu rumah tangga dengan ibu bekerja di Kabupaten Gianyar.

Kata Kunci : psychological well-being, ibu rumah tangga, ibu bekerja

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Luh Komang Apsaryanthi, Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Made Diah Lestari, Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

Published
2017-04-01
How to Cite
APSARYANTHI, Ni Luh Komang; LESTARI, Made Diah. PERBEDAAN TINGKAT PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA IBU RUMAH TANGGA DENGAN IBU BEKERJA DI KABUPATEN GIANYAR. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 4, n. 1, apr. 2017. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/30013>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2017.v04.i01.p12.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)