Interface Piranti Lunak Sistem Pencahayaan Berbasis Ergonomi Meningkatkan Kapabilitas Perancang Sistem Pencahayaan

  • Ida Bagus Alit Swamardika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik PS Magister Ergonomi Program Pascasarjana Universitas Udayana Bali

Abstract

Abstrak— Pemanfaatan pencahayaan dalam sebuah ruangandiharapkan mampu menciptakan kenyamanan, keamanan dankesehatan bagi orang yang beraktivitas dalam ruangan tersebut.Hal tersebut menuntut dilakukan perancangan sistempencahayaan pada ruangan. Dalam proses perancanganpencahayaan, aspek kapabilitas seorang perancang merupakansalah satu pertimbangan yang harus diperhatikan. Ketikaperancang telah membuat konsep pencahayaan, maka perancangharus mampu memenuhi kebutuhan kuantitas pencahayaansesuai dengan standar yang telah ditentukan. Hal ini akanmenjadi tidak efisien jika seorang perancang menghitung jumlahpencahayaan suatu gedung dengan banyak ruang danmempunyai fungsi serta karakteristik kebutuhan teknis yangberbeda-beda, kondisi tersebut berpengaruh terhadapkapabilitas perancang. Untuk mengatasi hal tersebut makadibuat sebuah interface piranti lunak yang berbasis ergonomi,yang diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas perancangsistem pencahayaan yang dinilai dari penurunan kelelahan matadan penurunan kebosanan. Penelitian ini merupakan penelitianeksperimental dengan rancangan sama subyek, menggunakansampel sebanyak 25 orang yang dipilih secara acak sederhana.Hasil yang diperoleh sesudah aplikasi piranti lunak berbasisergonomi; terjadi penurunan keluhan kelelahan mata 14,61%(p<0,05) dan penurunan kebosanan 4,95% (p<0,05). Hal inimerupakan indikasi terjadinya peningkatan kapabilitasperancang sistem pencahayaan. Jadi aplikasi interface pirantilunak sistem pencahayaan berbasis ergonomi meningkatkankapabilitas perancang sistem pencahayaan.

Kata kunci— Piranti lunak, sistem pencahayaan, berbasisergonomi, kapabilitas.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SWAMARDIKA, Ida Bagus Alit. Interface Piranti Lunak Sistem Pencahayaan Berbasis Ergonomi Meningkatkan Kapabilitas Perancang Sistem Pencahayaan. PROSIDING CSGTEIS 2013, [S.l.], june 2015. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/prosidingcsgteis2013/article/view/7256>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
D. Sofware Engineering and Information Systems