Rancang Bangun Sistem Control Air Conditioning Automatis Berbasis Passive Infrared Receiver

  • I Gusti Made Ngurah Desnanjaya Program Studi Magister Teknik Elektro, Program Pasca Sarjana, Universitas Udayana
  • Ida Ayu Dwi Giriantari Program Studi Magister Teknik Elektro, Program Pasca Sarjana, Universitas Udayana
  • Rukmi Sari Hartati Program Studi Magister Teknik Elektro, Program Pasca Sarjana, Universitas Udayana

Abstract

Abstrak—Masih kurangnya suatu aktifitas manajemen energi yang berdisiplin untuk mematikan AC pada saat keluar dari ruangan yang berakibat pada tidak efisiennya penggunaan energi listrik. Dari hasil kajian Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral menunjukan bahwa setengah dari pemakaian energi listik pada sebuah gedung di pergunakan untuk pemakaian AC.
Dengan mengacu pada permasalahan tersebut maka dilakukan metode studi kepustakaan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan membaca literatur-literatur yang berhubungan dengan penggunaan kontrol AC otomatis. Maka di rancang suatu sistem control Air Conditioning automatis berbasis passive infrared receiver (PIR). yang dapat membaca gerakan dan setiap signyal hasil pembacaan akan dikirim ke mikrokontroler ATmega16 kemudian akan mengirimkan signyal ke AC. Setelah AC menyala LCD akan menampilkan hasil pembacaan PIR dan LM35 yang bekerja sebagai sensor suhu. Bila suhu pada AC tidak sesuai dengan yang diinginkan pengguna dapat merubah sesuai dengan keinginan, agar tidak mengurangi rasa kenyamanan penggunana.
Dari hasil yang didapat pada sistem control Air Conditioning automatis, sudah dapat melakukan ON/OFF automatis pada AC dengan perangkat yang portable. Rancangan control AC automatis ini ialah bekerja pada saat merespon aktifitas manusia dalam sebuah ruangan. Dengan mempergunakan sensor Passive Infrared Receiver (PIR) dan sensor LM35 berbasis mikrokontroler ATmega16.

Kata kunci: PIR, ATmega16, control AC automatis.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
DESNANJAYA, I Gusti Made Ngurah; GIRIANTARI, Ida Ayu Dwi; HARTATI, Rukmi Sari. Rancang Bangun Sistem Control Air Conditioning Automatis Berbasis Passive Infrared Receiver. PROSIDING CSGTEIS 2013, [S.l.], june 2015. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/prosidingcsgteis2013/article/view/7247>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
C. Electronics, Circuits and Systems