Augmented Reality sebagai Media Pendidikan Interaktif dalam Pandemi Covid-19

  • I Wayan Andis Indrawan Student
  • Komang Oka Saputra
  • Linawati Linawati
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/MITE.2021.v20i01.P07

Abstrak

Intisari - Pada awal tahun 2020 berbagai belahan dunia mengumumkan status pandemic akibat wabah penyakit Covid-19 akibat virus Corona. Indonesia merupakan salah satu negara yang terimbas oleh wabah ini. Masyarakat dihimbau agar menerapkan protap-protap Kesehatan seperti minum vitamin, berjemur di bawah sinar matahari, menjaga jarak antar individu, berdiam diri di rumah, bekerja dari rumah, melakukan pembelajaran di rumah dan lain sebagainya. Hampir seluruh sektor dibuat lumpuh untuk meminimalisir penyebaran virus covid-19. Mulai dari sektor pariwisata, sektor perekonomian bahkan juga sektor Pendidikan. Sektor Pendidikan yang dalam pengaplikasiannya harus menjalankan kelas dalam jumlah masa yang tidak sedikit juga harus dibatasi. Akademisi dan siswa di berbagai daerah di Indonesia dilarang melakukan perjalanan dinas, keluar kota bahkan hingga dilarang datang ke sekolah ataupun instansi Pendidikan. Sekolah dan institusi Pendidikan menerapkan  Study from Home (SFH) atau belajar dari rumah masing-masing agar eskalasi Pendidikan tetap berjalan, tidak tertunda sehingga tidak menimbulkan kerugian materil bagi tenaga pendidik serta siswa. Inovasi media pendidikanpun semakin berkembang dan tenaga pendidik berkreasi memanfaatkan teknologi yang ada untuk mendidik siswa melalui jarak jauh. Salah satu teknologi yang berpotensi untuk digunakan sebagai media Pendidikan adalah Augmented Reality. Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir Augmented Reality telah melahirkan produk-produk media edukasi untuk Pendidikan di berbagai sektoral. Pada jurnal ini akan dikaji mengenai aplikasi-aplikasi media Pendidikan berbasis augmented reality yang dapat digunakan untuk belajar dirumah atau Study from Home, sehingga dapat meningkatkan physical distancing atau mengurangi perkumpulan masa yang banyak untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan pandemi covid-19 ini.


Kata Kunci — Augmented Reality, Pendidikan, Media Pendidikan, Pandemi Covid-19

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

[1] S. Verguet and D. T. Jamison, Health Policy Analysis: Applications of Extended Cost-Effectiveness Analysis Methodology in Disease Control Priorities, Third Edition. 2017.
[2] S. Koç, G. Yilmaz, and Y. Kabak, “The clinical guidelines usage towards the diagnosis and treatment of H1N1,” in 2010 5th International Symposium on Health Informatics and Bioinformatics, 2010, pp. 67–71.
[3] P. M. A. Sloot, A. V Boukhanovsky, W. Keulen, and C. A. Boucher, “A grid-based HIV expert system,” in CCGrid 2005. IEEE International Symposium on Cluster Computing and the Grid, 2005., 2005, vol. 1, pp. 471-486 Vol. 1.
[4] Yuliana, “Corona virus diseases (Covid -19); Sebuah tinjauan literatur,” Wellness Heal. Mag., vol. 2, no. 1, pp. 187–192, 2020.
[5] Z. Zahrotunnimah, “Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia,” SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, vol. 7, no. 3, 2020.
[6] A. Purwanto, U. P. Harapan, and S. Ekploratif, “Studi Eksplorasi Dampak Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru Selama Pandemi Covid-19,” Edupsycounts J., vol. 2, pp. 92–100, 2020.
[7] F. Z. Adami and C. Budihartanti, “Penerapan Teknologi Augmented Reality pada Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Berbasis Android,” J. Tek. Komput. Amik BSI, vol. 2, no. 1, pp. 122–131, 2016.
[8] A. A. K. Oka Sudana, I. G. A. A. Mas Aristamy, and N. K. Ayu Wirdiani, “Augmented Reality Application of Sign Language for Deaf People in Android Based on Smartphone,” Int. J. Softw. Eng. Its Appl., vol. 10, no. 8, p. 140, 2016.
[9] A. Azzam, R. Faisal, and M. P, “PEMBANGUNAN FLASH CARD BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN PADA ANAK PRA SEKOLAH,” Teknoin, vol. 21, Dec. 2015.
[10] N. M. Maslin, P. Consultant, and S. S. Ltd, “Impact of Modern Technology,” HF Commun., vol. 3, pp. 33–35, 2010.
[11] S.-W. Jang, J. Ko, H. J. Lee, and Y. S. Kim, “A Study on Tracking and Augmentation in Mobile AR for e-Leisure,” J. Mob. Inf. Syst., vol. 2018, p. 4265352, 2018.
[12] R. Novianti, “Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Man 2 Palembang,” Encycl. Surv. Res. Methods, vol. 1, no. 1, 2019.
[13] P. Suardani, Y. Divayana, and K. O. Saputra, “Analisis Komentar Hasil Belajar Siswa Menggunakan Opinion Summarization,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 18, no. 1, p. 61, 2019.
[14] G. Ahmad et al., “Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self Confidence Siswa Sma Dalam Materi Peluang,” J. Educ. P, vol. 1, no. 1, pp. 14–21, 2018.
[15] P. Chiu, P. Tseng, and K. Feng, “Interactive Mobile Augmented Reality System for Image and Hand Motion Tracking,” IEEE Trans. Veh. Technol., vol. 67, no. 10, pp. 9995–10009, 2018.
[16] A. Burhanudin, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem,” Pendidik. Tek. Mekatronika, vol. 7, no. 3, pp. 266–274, 2017.
[17] I. G. Aditya Nugraha, I. K. G. Darma Putra, and I. M. Sukarsa, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Museum Bali Berbasis Android Studi Kasus Gedung Karangasem dan Gedung Tabanan,” J. Lontar Komput., vol. 7, no. 2, pp. 93–103, 2016.
[18] C. Althea, S. Lahallo, A. A. K. Agung, C. Wiranatha, and I. G. M. Arya, “Media Pembelajaran Molymod Senyawa Hidrokarbon Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 4, no. 2, pp. 123–134, 2016.
[19] P. Nikko, W. Hafidha, and E. Sudarmilah, “Augmented Reality Sistem Periodik Unsur Kimia Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa Tingkat SMA Berbasis Android Mobile,” KomuniTi, vol. VI, no. 2, pp. 122–131, 2014.
[20] M. F. Ningsih, “Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gelombang,” 2015.
[21] G. Yudha, P. Pangestu, N. Made, I. Marini, N. Kadek, and D. Rusjayanthi, “Aplikasi Web Augmented Reality Villa,” vol. 5, no. 1, pp. 29–40, 2017.
[22] I. K. Yostab Mariyantoni, N. Padma, I. G. M. Darmawiguna, and M. W. Antara Kesiman, “Augmented Reality Book Pengenalan Perangkat Gamelan Bali,” Janapati, vol. 3, no. 1, pp. 21–28, 2014.
[23] R. Mauludin, A. S. Sukamto, and H. Muhardi, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Sistem Pencernaan pada Manusia dalam Mata Pelajaran Biologi,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 3, no. 2, p. 117, 2017.
[24] I. D. G. Wahya Dhiyatmika, I. K. G. Darma Putra, and N. M. I. Marini Mandenni, “Aplikasi Augmented Reality Magic Book Pengenalan Binatang untuk Siswa TK,” J. Lontar Komput., vol. 6, no. 2, p. 121, 2016.
[25] K. Susanna Dwi Yulianti, “Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Tata Surya Dengan Menggunakan Marker Based Tracking,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 3, no. 1, pp. 33–38, 2018.
[26] I. W. A. Indrawan, I. P. A. Bayupati, and D. P. S. Putri, “Aplikasi Markerless Augmented Reality Dewata Nawa Sanga Berbasis Android,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 5, no. 2, p. 34, 2017.
[27] C. A. Sugianto, “Aplikasi Edukasi Tata Surya menggunakan Augmented Reality Berbasis Mobile,” Informatics Res. Dev., 2018.
[28] R. A. Ahmadi, J. Adler, and S. L. Ginting, “Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Gerakan Shalat,” Pros. Semin. Nas. Komput. dan Inform., vol. 2017, pp. 179–186, 2017.
[29] D. E. Nurcahyo and B. S. Hantono, “Pemanfaatan Augmented Reality Dalam Dunia Pendidikan Untuk Mempelajari Anatomi Tubuh Manusia Berbasis Android,” Jurnal, vol. 2015, no. Sentika, pp. 193–198, 2015.
[30] A. Subagyo, T. Listyorini, and A. Susanto, “Pengenalan Rumus Bangun Ruang Matematika Berbasis Augmented Reality,” Pros. SNATIF, vol. 2, no. 2, pp. 29–32, 2015.
[31] F. Bakri, D. Ambarwulan, and D. Muliyati, “Pengembangan Buku Pembelajaran Yang Dilengkapi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi Dan Optik,” Gravity J. Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Fis., vol. 4, no. 2, pp. 46–56, 2018.
[32] S. Hamzah and D. Kurniadi, “Pengembangan Media Pembelajaran Perangkat Keras Jaringan Berbasis Augmented Reality Pada Platform Android,” Vokasional Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 3, pp. 1–12, 2019.
[33] P. Sommerauer and O. Müller, “Augmented reality for teaching and learning - A literature review on theoretical and empirical foundations,” 26th Eur. Conf. Inf. Syst. Beyond Digit. - Facet. Socio-Technical Chang. ECIS 2018, no. July, 2018.
[34] M. Nurhadi, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Berbasis Face Tracking untuk mendeteksi Wajah Peserta Wisuda,” Processor, vol. 13, no. 1, pp. 1189–1199, 2018.
Diterbitkan
2021-03-01
##submission.howToCite##
ANDIS INDRAWAN, I Wayan; SAPUTRA, Komang Oka; LINAWATI, Linawati. Augmented Reality sebagai Media Pendidikan Interaktif dalam Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Elektro, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 61-70, mar. 2021. ISSN 2503-2372. Tersedia pada: <http://ojs.unud.ac.id/index.php/mite/article/view/69185>. Tanggal Akses: 29 sep. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/MITE.2021.v20i01.P07.