Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Gigi dengan Metode Breadth First Search berbasis Instant Messaging LINE Messenger

  • Kadek Darmaastawan Department of Electrical and Computer Engineering, Post Graduate Program, Udayana University
  • Putu Lanang Bagus Suputra Jaya Amertha
  • Lie Jasa
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/MITE.2021.v20i01.P16

Abstrak

Sakit gigi merupakan penyakit yang umum dialami oleh manusia, oleh karena itu harus ditangani dengan cepat agar tidak menimbulkan dampak serius. Salah satu penanganan awal adalah dengan berkonsultasi dengan pakar penyakit gigi. Perkembangan teknologi saat ini telah mampu mengkonversi pengetahuan seorang pakar ke dalam bentuk digital yang disebut dengan sistem pakar sehingga mudah dan cepat diakses. Sistem pakar yang sudah banyak dikembangkan saat ini secara umum berbasis aplikasi web maupun Android/iOS. Pengembangan sistem pakar berbasis aplikasi web atau Android/iOS menghadapi beberapa kesulitan. Kesulitan tersebut adalah membutuhkan waktu dan biaya pengembangan yang tidak sedikit karena harus mengembangkan antarmuka dan membutuhkan server dengan performa baik. Kesulitan yang dihadapi dari sisi pengguna adalah diperlukan ruang penyimpanan yang lebih agar dapat memasang aplikasi sistem pakar di smartphone. Solusi yang diberikan adalah mengembangkan sistem pakar diagnosis penyakit gigi dengan Metode Breadth First Search berbasis aplikasi instant messaging. Salah satu aplikasi instant messaging yang populer di indonesia adalah LINE Messenger. Penelitian ini berhasil mengembangkan sistem pakar diagnosis penyakit gigi berbasis instant messaging LINE Messenger yang mudah diakses dan mampu mendiagnosis penyakit dengan tingkat akurasi sebesar 90,9%. 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

[1] A. Khanna, B. Pandey, K. Vashishta, K. Kalia, B. Pradeepkumar, and T. Das, “A Study of Today’s A.I. through Chatbots and Rediscovery of Machine Intelligence,” Int. J. u- e-Service, Sci. Technol., vol. 8, no. 7, pp. 277–284, 2015.
[2] Adriyendi, “INFERENCE MENGGUNAKAN FORWARD CHAINING PADA FOOD AFFORDABILITY,” J. Sainstek, vol. 9, no. 2, pp. 108–122, 2017.
[3] I. N. S. Yasa, I. K. G. D. Putra, and N. M. A. E. . Wirastuti, “Peramalan Kurs Rupiah Terhadap US Dollar Menggunakan Metode Hibrid,” Maj. Ilm. Tekologi Elektro, vol. 16, no. 3, pp. 33–38, 2017.
[4] P. R. Nurbhawa, I. K. G. D. Putra, and N. Gunantara, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Lokasi BTS PT . Smartfren Menggunakan Metode Fuzzy -AHP,” Maj. Ilm. Tekologi Elektro, vol. 16, no. 3, 2017.
[5] Olanloye and D. Odunayo, “AN EXPERT SYSTEM FOR DIAGNOSING FAULTS IN MOTORCYCLE,” Int. J. Eng. Appl. Sci., vol. 5, no. 06, pp. 1–8, 2014.
[6] W. U. Setiabudi, E. Sugiharti, and F. Y. Arini, “Expert System Diagnosis Dental Disease Using Certainty Factor Method,” Sci. J. Informatics, vol. 4, no. 1, pp. 43–50, 2017.
[7] N. L. Ratniasih, M. Sudarma, and N. Gunantara, “Penerapan Text Mining dalam Spam Filtering untuk Aplikasi Chat,” Maj. Ilm. Tekologi Elektro, vol. 16, no. 3, 2017.
[8] J. Clement, “Most famous social network sites 2019, by active users,” 2019. https://www.statista.com/statistics/272014/global-social-networks-ranked-by-number-of-users/ (accessed May 27, 2020).
[9] F. Zebua, “Laporan DailySocial: Survey Instant Messaging 2017,” 2017. https://dailysocial.id/post/laporan-dailysocial-survey-instant-messaging-2017 (accessed May 27, 2020).
[10] LINE Messenger Corporation, “LINE Download,” line.me. https://line.me/en-US/download (accessed May 30, 2020).
[11] LINE Messenger Corporation, “Messaging API Reference,” line.biz. https://developers.line.biz/en/reference/messaging-api/ (accessed May 30, 2020).
[12] K. Darmaastawan, I. M. Sukarsa, and P. W. Buana, “LINE Messenger as a Transport Layer to Distribute Messages to Partner Instant Messaging,” Int. J. Mod. Educ. Comput. Sci., vol. 11, no. March, pp. 1–9, 2019, doi: 10.5815/ijmecs.2019.03.01.
[13] K. T. Wirawan, I. M. Sukarsa, and I. P. A. Bayupati, “Balinese Historian Chatbot using Full-Text Search and Artificial Intelligence Markup Language Method,” I.J. Intell. Syst. Appl., vol. 11, no. 8, pp. 21–34, 2019, doi: 10.5815/ijisa.2019.08.03.
[14] I. M. Sukarsa, I. K. G. D. Putra, N. P. Sastra, and L. Jasa, “A New Framework for Information System Development on Instant Messaging for Low Cost Solution,” TELKOMNIKA, vol. 16, no. 6, pp. 2799–2808, 2018, doi: 10.12928/TELKOMNIKA.v16i6.8614.
[15] D. A. K. Arimbawa P, I. K. G. D. Putra, and I. M. Sukarsa, “Library System Using Radio Frequency Identification ( RFID ) and Telegram Bot API,” Lontar Komput., vol. 9, no. 1, pp. 40–51, 2018.
[16] D. Namiot, “Twitter as a transport layer platform,” Proceding 2015 IEEE Artif. Intell. Nat. Lang. Inf. Extr. Soc. Media Web Search Fruct Conf. (AINL-ISMW Fruct., pp. 46–51, 2015, doi: 10.1109/AINL-ISMW-FRUCT.2015.7382968.
[17] M. News, “Born from Japan disasters, Line app sets sights on U.S., China,” reuters.com, 2012. https://www.reuters.com/article/japan-app-line/born-from-japan-disasters-line-app-sets-sights-on-u-s-china-idUSL2E8JD0PZ20120816 (accessed May 27, 2020).
[18] LINE Messenger Corporation, “Getting started with the Messaging API,” line.biz. https://developers.line.biz/en/docs/messaging-api/getting-started/#creating-a-channel (accessed May 30, 2020).
[19] A. A. Pramesti, R. Arifudin, and E. Sugiharti, “Expert System for Determination of Type Lenses Glasses using Forward Chaining Method,” Sci. J. Informatics, vol. 3, no. 2, 2016, doi: 10.15294/sji.v3i2.7914.
[20] M. A. Muslim, I. Kurniawati, and E. Sugiharti, “EXPERT SYSTEM DIAGNOSIS CHRONIC KIDNEY DISEASE BASED ON MAMDANI FUZZY INFERENCE SYSTEM,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., vol. 78, no. 1, 2015.
[21] H. A. Al Rekhawi, A. A. Ayyad, and S. S. A. Naser, “Rickets Expert System Diagnoses and Treatment,” Int. J. Eng. Inf. Syst., vol. 1, no. 4, pp. 149–159, 2017.
[22] S. S. A. Naser, M. Z. Shaath, and Abstract, “Expert system urination problems diagnosis,” World Wide J. Multidiscipl Ina. Res. Dev. WWJMRD, vol. 2, no. 5, pp. 9–19, 2016.
[23] S. S. A. Naser and M. M. Hilles, “An expert system for shoulder problems using CLIPS,” World Wide J. Multidiscipl Ina. Res. Dev. WWJMRD, vol. 2, no. 5, pp. 1–8, 2016.
[24] R. A. Sihombing, “Sistem pakar untuk mendiagnosa gangguan pada sistem hepatobiliaris berbasis android mobile,” J. Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 1, pp. 98–106, 2018.
[25] H. Agung and N. Y. Marselinus, “Implementasi Metode Breadth First Search dan Vikor pada Aplikasi Diagnosa Kerusakan Hardware Komputer,” J. SISFOKOM, vol. 05, no. 1, pp. 46–53, 2016.
[26] C. Tonyjanto, “SISTEM PAKAR MENGIDENTIFIKASI PENANGGULANGAN PENYAKIT PADA GIGI DAN MULUT,” J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 1, no. 1, 2015.
[27] Y. Efendi, “Diagnosis Kanker Darah pada Anak menggunakan Inferensi Forward Chaining,” SATIN – Sains dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2016.
[28] Y. A. Pratama and E. Junianto, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal Dan Saluran Kemih Dengan Metode Breadth First Search,” J. Inform., vol. 2, no. 1, 2016, doi: 10.31311/ji.v2i1.69.
[29] R. Handayani, “METODA BREADTH FIRST SEARCH PADA INFERENSI FORDWARD CHAINING UNTUK MENDIAGNOSA HAMA TANAMAN JERUK,” J. KomTekInfo, vol. 4, no. 2, pp. 241–249, 2017.
[30] I. M. Sukarsa, N. W. Wisswani, T. Pustaka, and S. Pakar, “RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR UNTUK PERBAIKAN KECEPATAN DAN KEGAGALAN KONEKSI PERALATAN EKSTERNAL PADA PERSONAL KOMPUTER,” Maj. Ilm. Teknol. Elektro, vol. 8, no. 1, 2012, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/JTE/article/view/1574/920.
[31] R. Rahim et al., “Congklak , a traditional game solution approach with breadth first search,” in MATEC Web of Conferences 197, 2018, vol. 03007, pp. 1–4.
[32] R. Ratnadewi, E. M. Sartika, R. Rahim, B. Anwar, M. Syahril, and H. Winata, “Crossing Rivers Problem Solution with Breadth-First Search Approach,” in The 2nd Annual Applied Science and Engineering Conference (AASEC 2017), 2017, vol. 288, no. 1, doi: 10.1088/1757-899X/288/1/012125.
[33] M. J. Pathak, R. L. Patel, and S. P. Rami, “Comparative Analysis of Search Algorithms,” Int. J. Comput. Appl., vol. 179, no. 50, pp. 40–43, 2018.
[34] K. W. A. S, P. D. Kusuma, C. Setianingsih, and A. W. Pollution, “Monitoring and Classification System of River Water Pollution Conditions with Fuzzy Logic,” pp. 112–117, 2019.
Diterbitkan
2021-03-12
##submission.howToCite##
DARMAASTAWAN, Kadek; LANANG BAGUS SUPUTRA JAYA AMERTHA, Putu; JASA, Lie. Sistem Pakar Diagnosis Penyakit Gigi dengan Metode Breadth First Search berbasis Instant Messaging LINE Messenger. Jurnal Teknologi Elektro, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 139-146, mar. 2021. ISSN 2503-2372. Tersedia pada: <http://ojs.unud.ac.id/index.php/mite/article/view/60290>. Tanggal Akses: 29 sep. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/MITE.2021.v20i01.P16.