PENGARUH LGV TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG PADA MOBIL TRANSMISI MANUAL

  • Aris Budi Sulistyo Program Studi Magister Teknik Mesin Universitas Udayana
  • I Gusti Bagus Wijaya Kusuma Fakultas Teknik Universitas Udayana
  • I Nyoman Budiarsa Fakultas Teknik Universitas Udayana

Abstract

Meningkatnya laju pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia menyebabkan kebutuhan masyarakat juga semakin tinggi. Liquefied Gas Vehicle (LGV) yang merupakan pengembangan dari Liquefied Petroleum Gas (LPG). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemakaian bahan bakar Liquefied Gas for Vehicle (LGV) terhadap torsi, daya, konsumsi bahan bakar spesifik dan emisi gas buang kendaraan mobil dengan transmisi manual. Metode Analisis data yang digunakan pada penelitian adalah ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pengumpulan data dan tahap pengolahan data. Analisis ini juga membahas tentang konsumsi bahan bakar spesifik, kemudian trend analisis, termasuk juga optimasi dan analisis desain faktorial yang dijabarkan menggunakan software Sigmaplot.13. Hasil yang diperoleh adalah pemakaian bahan bakar Liquefied Gas for Vehicle (LGV) meningkatkan torsi, daya, dan menurunkan konsumsi bahan bakar spesifik serta menurunkan emisi gas buang kendaraan. LGV bekerja dengan baik pada putaran tinggi. Hal ini berarti LGV hanya cocok digunakan pada pembebanan sedang dan putaran mesin tinggi. Penggunaan bahan bakar vigas cenderung menghasilkan daya dan torsi yang lebih baik dibanding bensin. Keunggulan LGV dibandingkan dengan bensin oktan 88 pada putaran tinggi mengindikasikan bahwa penghematan bahan bakar akan dicapai lebih baik pada penggunaan LGV dibandingkan dengan bensin oktan 88 pada kecepatan tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryadi, Riki. 2010. Modification of Four Stroke Gasoline Engine Type 5K 1486 cc Become Dual Fuel Gasoline and LPG. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Energi Sumber Daya Mineral, from http://www.migas.esdm.go.id
Faisal Dasuki, 1977 Motor Bakar : PT. Astra Honda Motor.
Gatra News 27 jan 2012, “LIPI: Cadangan Gas Indonesia Untuk 90 Tahun” diakses melalui http://www.gatra.com pada tanggal 13 Juli 2015.
Hasil LITBANG LEMIGAS http://www.lemigas.esdm.go.id/id/prdkpenelitian-262-.html pada tanggal 12 Juli 2015
Pertamina, Jakarta Indonesia, from http://www.pertamina.com.
Samosir, A., 2010, Perlukah Pemerintah Memberikan Subsidi LGV/Vi-Gas Tahun 2011?Studi Kasus Angkutan Umun Taksi di Jakarta, Pusat Kebijakan APBN Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan RI.
Sitorus, B., Hidayat, R. D. R., dan Prasetya, O., 2014, Pengelolaan Penggunaan Bahan Bakar Minyak yang Efektif pada Transportasi Darat,Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTransLog).
Sugiyono, A. and Rahardjo, I. (2007). Pengembangan Moda Transportasi BBG untuk Sektor Transportasi di Pantura (BPPT karya ilmiah volume 19, no 10), Jakarta: BPPT.Sumber : http://rengkodriders.wordpress.com http://ppejawa.com/ ekoplasa63_makna_hc_dan_co_uji_emisi_pada_mesin.html#sthash.F7E35St2.dpu
Wang,P (2008). Studi Pengembangan Infrastruktur BBG untuk melayani sistem Transportasi umum di DKI Jakarta, Depok: UI.
Published
2016-04-30
How to Cite
SULISTYO, Aris Budi; WIJAYA KUSUMA, I Gusti Bagus; BUDIARSA, I Nyoman. PENGARUH LGV TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG PADA MOBIL TRANSMISI MANUAL. Jurnal Mettek: Jurnal Ilmiah Nasional dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 26-34, apr. 2016. ISSN 2502-3829. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mettek/article/view/23002>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Daya; Torsi; Konsumsi bahan bakar spesifik (sfc); Emisi Gas Buang

Most read articles by the same author(s)