RANCANG BANGUN GAME MEONG-MEONG PADA PLATFORM ANDROID

  • I Gede Yogi Adi Saputra Universitas Udayana
  • A. A. Kt. Agung Cahyawan Wiranatha Universitas Udayana
  • Kadek Suar Wibawa Universitas Udayana

Abstract

Meong-meong merupakan permainan Tradisional Bali yang umum dimainkan anak-anak di Bali dengan nyanyian lagu Meong-meong. Permainan ini menggambarkan usaha Kucing untuk menangkap Tikus. Permainan Meong-meong dikembangkan pada Platfrom Android bertujuan untuk tetap melestarikan permainan Meong-meong. Game Meong-meong dikemas pada Platform Android dengan sedikit perbedaan dari permainan aslinya. Perbedaan dalam Game Meong-meong pada Platform Android adalah pengahalang yang digunakan labirin, pemain diarahkan untuk mengumpulkan makanan dan menghindari kucing yang terdapat pada labirin. Perbedaan diberikan agar Game Meong-meong dapat lebih menarik untuk dikembangkan pada Platform Android. Hasil kuesioner diperoleh dari uji coba pada 20 responden. Game Meong-meong menunjukan 86% baik dari aspek user interface, 100% cukup baik dari aspek rekayasa perangkat lunak dan 72% baik dari aspek entertaiment game serta kesesuaian dengan judul.

Kata Kunci : Game, Android, Smartphone, Meong-meong, Permainan Tradisional Bali.

Author Biographies

I Gede Yogi Adi Saputra, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
A. A. Kt. Agung Cahyawan Wiranatha, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Kadek Suar Wibawa, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Published
2016-12-01
How to Cite
YOGI ADI SAPUTRA, I Gede; AGUNG CAHYAWAN WIRANATHA, A. A. Kt.; SUAR WIBAWA, Kadek. RANCANG BANGUN GAME MEONG-MEONG PADA PLATFORM ANDROID. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], dec. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/26881>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.