RANCANG BANGUN GAME THE ADVENTURE OF TIMUN EMAS BERBASIS ANDROID

  • I Made Mertha Prayuda Universitas Udayana
  • I Putu Agung Bayupati Universitas Udayana
  • A. A. Kt. Agung Cahyawan Wiranatha Universitas Udayana

Abstract

Game atau Video Game jenisnya semakin bervariasi sejalan dengan perkembangan teknologi perangkat keras dan perangkat lunak. Game berbasis budaya cerita rakyat sangat penting dilestarikan karena cerita rakyat mengandung nilai-nilai moral dan keluhuran. Penggabungan teknologi Android dengan cerita rakyat yang dituangkan dalam bentuk game mobile dapat membentuk cerita rakyat menjadi lebih menarik dan inovatif. Game dengan judul “The Adventure Of Timun Emas” berbasis Android merupakan sebuah Game yang dikemas dari budaya lokal yaitu cerita rakyat yang berasal dari Jawa Tengah. Tugas pemain utama dirancang melewati rintangan seperti batu besar, bambu yang ada pada setiap level-nya, sehingga mendapatkan bonus yang digunakan untuk mengalahkan raksasa Buto Ijo pada akhir level. Pengembangan game pada penelitian ini sudah mencapai tahap memuaskan. Pernyataan ini didapat dari hasil perhitungan form penilaian yaitu responden memberikan respon kurang baik dengan persentase 1%, kemudian responden memberikan respon cukup baik dengan persentase 23%, responden memberikan respon baik dengan persentase 57% dan persentase untuk ketegori sangat baik responden memberikan respon dengan persentase 19%. Aspek dari media pelestarian cerita rakyat dan sebagai media hiburan juga mendapat respon yang baik dari responden, sehingga dapat dikatakan game ini layak untuk dipublikasikan.

Kata Kunci: Timun Emas, Android, Game, Cerita Rakyat, Adventure.

Author Biographies

I Made Mertha Prayuda, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
I Putu Agung Bayupati, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
A. A. Kt. Agung Cahyawan Wiranatha, Universitas Udayana
Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Published
2016-12-01
How to Cite
MERTHA PRAYUDA, I Made; AGUNG BAYUPATI, I Putu; AGUNG CAHYAWAN WIRANATHA, A. A. Kt.. RANCANG BANGUN GAME THE ADVENTURE OF TIMUN EMAS BERBASIS ANDROID. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], dec. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/26879>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.