GAMMA-GLUTAMYL TRANSFERASE SERUM BERASOSIASI POSITIF DENGAN PENYAKIT GINJAL KRONIK. STUDI BERBASIS MASYARAKAT DI KECAMATAN BLAHBATUH GIANYAR BALI

  • Nyoman Sutarka
  • Raka-Widiana IG
  • Ketut Suwitra

Abstract

Penyakit ginjal kronik (PGK) merupakan masalah global kesehatan masyarakat. Gamma-glutamyl transferase (ãGT) serum banyak diusulkan sebagai marker yang sensitif terhadap stres oksidatif yang diperkirakan berhubungan dengan terjadinya PGK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asosiasi antara ãGT serum dan PGK. Dilakukan penelitian potong lintang di Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Bali dengan jumlah sampel 122 orang yang dipilih secara simple proportional random sampling. Sampel yang memenuhi kriteria dimintakan kesediaannya berpartisipasi dengan menandatangani informed consent. Diagnosis PGK ditegakkan sesuai kriteria NKF-KDOQI dengan perkiraan laju filtrasi glomerulus dihitung memakai rumus MDRD. Pemeriksaan ãGT serum dengan metode enzymatic colorimetrix. Data yang terkumpul dianalisis dengan SPSS 16 for windows meliputi uji Chi-Square dan analisis regresi logistik multipel. Dari 122 subyek yang memenuhi syarat, tiga subyek menolak berpartisipasi. Sebanyak 95 subyek adalah laki-laki dan 24 perempuan dengan rerata umur 62,68 (SB 1,27) tahun. Nilai median ãGT didapatkan sebesar 21 U/L. Prevalensi PGK didapatkan sebesar 16,8%. Dari 61 subyek dengan kadar ãGT serum sama dengan nilai median atau lebih 16 diantaranya didapatkan dengan PGK sedangkan dari 58 subyek dengan kadar ãGT serum di bawah nilai median hanya empat yang didapatkan dengan PGK. Didapatkan adanya asosiasi bermakna antara ãGT serum dan PGK (P=0,005 ; OR=4,8; IK95%=1,5 sampai 15,4). Setelah dikontrol dengan variabel umur, jenis kelamin, hipertensi, dan obesitas didapatkan asosiasi ãGT serum dan PGK ini masih tetap bermakna (P=0,029; adjusted OR =4,1; IK95% =1,2 sampai 14,9).Disimpulkan ada asosiasi positif antara ãGT serum dan PGK. Asosiasi ini independen terhadap  variabel umur, jenis kelamin, hipertensi, dan obesitas. ãGT serum mungkin dapat dipakai sebagai biomarker PGK. [MEDICINA.

2014;45:73-8].

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nyoman Sutarka

GAMMA-GLUTAMYL TRANSFERASE SERUM BERASOSIASI POSITIF DENGAN PENYAKIT GINJAL KRONIK.

STUDI BERBASIS MASYARAKAT DI KECAMATAN BLAHBATUH GIANYAR BALI

 


Divisi Ginjal dan Hipertensi, Bagian / SMF Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas

Udayana/Rumah SakitUmum Pusat Sanglah, Denpasar

Raka-Widiana IG

Divisi Ginjal dan Hipertensi, Bagian / SMF Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas

Udayana/Rumah SakitUmum Pusat Sanglah, Denpasar

Ketut Suwitra

Divisi Ginjal dan Hipertensi, Bagian / SMF Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas

Udayana/Rumah SakitUmum Pusat Sanglah, Denpasar

How to Cite
SUTARKA, Nyoman; IG, Raka-Widiana; SUWITRA, Ketut. GAMMA-GLUTAMYL TRANSFERASE SERUM BERASOSIASI POSITIF DENGAN PENYAKIT GINJAL KRONIK. STUDI BERBASIS MASYARAKAT DI KECAMATAN BLAHBATUH GIANYAR BALI. Medicina, [S.l.], v. 45, n. 2, may 2015. ISSN 2540-8321. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/medicina/article/view/14270>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

ãGT serum, asosiasi, PGK.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>