PERENCANAAN INSTALASI KELISTRIKAN GEDUNG PASANGAN TETAP DI BALE BANJAR PEKEN DESA PAKRAMAN SANGSIT KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG

  • A Dharma
  • N Gunantara
  • M Amir
  • N Paramaita

Abstract

dipakai untuk kegiatan-kegiatan desa yang bersifat sosial kemasyarakatan. Ciri khas bangunan adalah adanyarelief Burung Garuda Pancasila yang terpahat di dinding (leufel) depan bale Banjar dengan ukuran besarsehingga sangat menjolok dan terlihat dari jalan raya utama Desa Sangsit, inilah satu-satunya bale banjarberukir Burung Garuda yang menunjukan rasa nasionalisme krama banjar yang tidak disangsikan lagi untukrela berkorban “nindihin gumi pertiwi”. Kondisi bangunan sangat mengkhawatirkan karena usia, terbuktipada kolom utama penyangga lantai dua yang ada dibagian belakang terdapat retak-retak besar menandakanterjadinya kegagalan struktur. Sehingga secara langsung tidak dapat dipergunakan oleh warga untukkegiatan-kegiatan banjar/ atau Dusun. Melalui rapat banjar, akhirnya diputuskan untuk melakukanpembangunan gedung baru dengan membentuk panitia pembangunan. Pembangunan tahap awal telah sampaipada struktur gedung dan utilitas penting seperti sistem penerangan dan dayanya. Tim Pengabdi telahmerencanakan instalasi listrik beserta perlengkapannya yang aman berdasarkan PUIL dan telah berfungsidengan baik. Diharapkan apabila gedung telah rampung seluruhnya nanti, bisa lebih memotivasi warga agarberperan aktif memakai gedung bale banjar disaat ada kegiatan-kegiatan yang dilakukan malam hari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-31
How to Cite
DHARMA, A et al. PERENCANAAN INSTALASI KELISTRIKAN GEDUNG PASANGAN TETAP DI BALE BANJAR PEKEN DESA PAKRAMAN SANGSIT KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 248-254, may 2016. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/22552>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Keywords

bale banjar, renovasi, instalasi listrik, PUIL.