KARAKTERISTIK PARKIR PINGGIR JALAN (ON STREET PARKING) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi kasus : pada Ruas Jalan Sutoyu Denpasar)

  • I Gusti Raka Purbanto Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Abstrak : Studi ini menganalisis karakteristik parkir di badan Jalan Sutoyo Denpasar dan pengaruh dengan dan tanpa adanya parkir di pinggir jalan terhadap kinerja ruas Jalan Sutoyo Denpasar. Data primer yang digunakan meliputi  inventarisasi petak parkir, patroli parkir,  volume lalu lintas, inventarisasi jalan, kecepatan tempuh dan hambatan samping. Data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Denpasar adalah jumlah penduduk Kota Denpasar. Analisis ruas jalan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997. Hasil analisis menunjukkan karakteristik parkir pinggir jalan tertinggi untuk sepeda motor dan kendaraan ringan secara berurutan adalah: volume parkir 12 kendaraan/jam dan 9 kendaraan/jam, akumulasi parkir tertinggi 20 kendaraan dan 32 kendaraan, rata-rata lama parkir adalah 0,671 jam/kendaraan dan 0,931 jam/kendaraan, tingkat pergantian parkir untuk sepeda motor dan kendaraan ringan sama yaitu 0,61 kendaraan/(SRP.jam), kapasitas parkir 30 SRP/jam dan 15 SRP/jam, indeks parkir 0.67 dan 2.13. Hal ini berarti kebutuhan ruang parkir untuk sepeda motor di bawah daya tampung parkir dan kendaraan ringan melebihi daya tampung parkir. Perbandingan kinerja ruas jalan tanpa dan dengan parkir pinggir jalan menunjukkan volume lalu lintas mengalami penurunan sebesar 0,96%, kapasitas jalan mengalami peningkatan sebesar 8 % , derajat kejenuhan mengalami penurunan sebesar 9,47%, kecepatan mengalami peningkatan sebesar 36.99 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-07-05
How to Cite
PURBANTO, I Gusti Raka. KARAKTERISTIK PARKIR PINGGIR JALAN (ON STREET PARKING) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi kasus : pada Ruas Jalan Sutoyu Denpasar). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], july 2012. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/7509>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Parkir di badan jalan, karakteristik parkir, kinerja ruas jalan