OPTIMALISASI KOMPOSISI JUMLAH MASING-MASING TIPE RUMAH PADA PEMBANGUNAN PERUMAHAN DENGAN METODE SIMPLEKS (Studi Kasus : Pembangunan Perumahan Taman Nuansa Tjampuhan)

  • Putu Darma Warsika Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Abstrak : Dewasa ini kebutuhan manusia akan rumah telah meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan migrasi yang sangat pesat. Sehingga banyak pengembang yang bermunculan untuk menyediakan kawasan hunian yang siap huni. Banyak cara yang dilakukan oleh pihak pengembang untuk mencapai keuntungan yang maksimal, yaitu dengan cara menyesuaikan dengan permintaan pasar dan mengoptimalkan pemanfaatan lahan yang tersedia. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui komposisi optimal dari jumlah rumah yang akan dibangun sehingga memberikan keuntungan yang paling maksimum. Dalam tujuan mencapai solusi optimal dalam studi ini penulis menggunakan metode Simpleks dan perangkat lunak Lingo, yang akan dilanjutkan dengan menggunakan tabel Alternatif pilihan untuk membulatkan bentuk desimal dari hasil akhir perhitungan sebelumnya. Studi kasus pada penelitian ini adalah proyek Pembangunan Perumahan Taman Nuansa Tjampuhan yang berlokasi di Pering, Gianyar-Bali. Pada pembangunan proyek ini dikembangkan oleh PT. Pesona Dewata. Komposisi optimal jumlah dari masing-masing tipe rumah adalah tipe Gambuh sebanyak 27 unit, tipe Tenun sebanyak 106 unit dan rumah tipe Pendet sebanyak 211 unit. Dimana keseluruhan rumah tersebut dibangun diatas lahan efektif seluas 71.500 m2 serta lahan untuk fasos dan fasum seluas 38.500 m2 dengan keuntungan sebesar Rp 31.396.000.000,-

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-07-05
How to Cite
WARSIKA, Putu Darma. OPTIMALISASI KOMPOSISI JUMLAH MASING-MASING TIPE RUMAH PADA PEMBANGUNAN PERUMAHAN DENGAN METODE SIMPLEKS (Studi Kasus : Pembangunan Perumahan Taman Nuansa Tjampuhan). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], july 2012. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/7506>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Komposisi Optimal Pembangunan Perumahan, Metode Simpleks, Perangkat lunak Lingo