ANALISIS KADAR ASPAL OPTIMUM LASTON LAPIS AUS PADA RUAS JALAN SIMPANG SAKAH – SIMPANG BLAHBATUH (Studi Kasus Paket Pemeliharaan Berkala Jalan Tahun Anggaran 2011)

  • Ida Bagus Wirahaji Dosen Program Studi Teknik Sipil, FT UNHI

Abstract

Abstrak: Aspal sebagai bahan pengikat dalam campuran beraspal pada sistem per-kerasan lentur mempunyai pengaruh yang besar terhadap umur pelayanan lapis per-kerasan jalan. Oleh sebab itu kadar aspal dalam suatu campuran aspal menjadi ba-gian yang sangat penting. Kadar aspal optimum pada campuran aspal harus meme-nuhi persyaratan spesifikasi teknik 2010, seperti nilai VIM, VMA, VFB, Flow, dan sebagainya. Pada Proyek Pemeliharaan Berkala Ruas Jalan Simpang Sakah-Sim-pang Blahbatuh tahun 2011, dilakukan tahapan-tahapan untuk mendapatkan kadar aspal optimum. Dimulai dari pemeriksaan propertis agregat dan aspal. Setelah di-dapat gradasi agregat sesuai dengan yang disyaratkan dan melalui percobaan de-ngan kadar aspal mulai dari 5.50 – 7.50%, diperoleh kadar aspal optimum sebesar 6.80%. Dengan kadar aspal optimum 6.80% diperoleh nilai VIM = 4.83%, VMA = 16.40%, VFB = 70.59, Tebal Lapisan Aspal Film = 8.33µ, Stabilitas = 1,226.1 kg, Flow = 3.31 mm, dan Marshall Quotient 370.62 kg/mm. Dari pemeriksaan Percen-tage Refusal Density (PRD) diperoleh hasil nilai VIM sebesar 4.84%. Semua nilai karakteristik campuran AC-WC pada kadar aspal 6.80% memenuhi persyaratan se-pesifkasi teknik 2010.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-07-05
How to Cite
WIRAHAJI, Ida Bagus. ANALISIS KADAR ASPAL OPTIMUM LASTON LAPIS AUS PADA RUAS JALAN SIMPANG SAKAH – SIMPANG BLAHBATUH (Studi Kasus Paket Pemeliharaan Berkala Jalan Tahun Anggaran 2011). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], july 2012. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/7503>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Kadar Aspal Optimum, Spesifikasi Teknik 2010.