ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KABUPATEN KLUNGKUNG DAN KARANGASEM

  • I Putu Indra Sanjaya
  • Ida Ayu Rai Widhiawati
  • Ariany Frederika

Abstract

Abstrak : Dalam pelaksanaaan pembangunan konstruksi gedung banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah keselamatan dan kesehatan kerja (K3). K3 merupakan suatu upaya dalam mengatasi potensi bahaya dan risiko kesehatan dan keselamatan yang mungkin terjadi. Sering terjadinya kecelakaan kerja pada proyek konstruksi diakibatkan kurang diperhatikannya K3, sehingga perlu diadakan analisis mengenai K3 pada proyek konstruksi untuk mengetahui bagaimana penerapan K3 pada proyek konstruksi gedung, dan bagaimana hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi K3 terhadap K3 pada proyek konstruksi gedung di Kabupaten Klungkung dan Karangasem, serta faktor apakah yang memberikan sumbangan terbesar terhadap K3. Data yang diperlukan meliputi data primer diperoleh langsung dengan cara melakukan survei berupa kuesioner yang ditujukan ke proyek konstruksi, dan data sekunder yaitu data dan lokasi proyek konstruksi di Kabupaten Klungkung dan Karangasem diperoleh dari Pemerintah Kabupaten Klungkung dan Karangasem, Bagian Pengendalian Pembangunan (P2), Situs LPSE Provinsi Bali, dan LPSE Kabupaten Klungkung. Metode yang digunakan dalam analisis adalah metode hipotesis deskriptif, analisis regresi ganda, analisis korelasi ganda, sumbangan relatif, dan analisis menggunakan program SPSS. Dari hasil pengujian hipotesis deskriptif one tail test pihak kanan diperoleh bahwa pemahaman keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada proyek konstruksi di Kabupaten Klungkung dan Karangasem tergolong belum baik. Dari hasil analisis regresi dan korelasi ganda diperoleh hubungan yang terjadi antara faktor-faktor yang mempengaruhi K3 terhadap K3 pada proyek konstruksi adalah kuat sebesar 0,614, koefisien determinasi sebesar 0,377 menunjukkan nilai rata-rata K3 pada proyek konstruksi sebesar 37,7% ditentukan oleh 3 faktor yang mempengaruhi K3, sedangkan 62,3% ditentukan oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Putu Indra Sanjaya

Alumni Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar

Ida Ayu Rai Widhiawati

Dosen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar

Ariany Frederika
Dosen Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar
Published
2012-12-18
How to Cite
SANJAYA, I Putu Indra; WIDHIAWATI, Ida Ayu Rai; FREDERIKA, Ariany. ANALISIS PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KABUPATEN KLUNGKUNG DAN KARANGASEM. Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, [S.l.], v. 1, n. 1, dec. 2012. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jieits/article/view/4393>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Keywords

k3, Regresi Ganda, Korelasi Ganda, Sumbangan Relatif

Most read articles by the same author(s)