KONVERSI MINYAK BIJI MALAPARI (Pongamia Pinnata L.) MENJADI BIODIESEL MELALUI PEMANFAATAN KATALIS HETEROGEN ABU SEKAM PADI TERMODIFIKASI Li

  • Made Indra Dwitama Universitas Udayana
  • Muhammad Nasib Universitas Udayana
  • Olivia Carolyn Sitepu Universitas Udayana
  • Dwi Anggraeni Putri Suandi Universitas Udayana
  • I Nengah Simpen Universitas Udayana

Abstract

Minyak biji malapari adalah bahan baku pembuatan biodiesel yang sangat potensial. Pembuatan biodiesel dari minyak biji malapari melalui pemanfaatan katalis abu sekam padi termodifikasi litium sebagai katalis heterogen telah berhasil dilakukan. Katalis dimodifikasi melalui metode keramik pada temperatur 900oC. Setiap 1 g abu sekam padi dicampurkan dengan 1,23 g Li2CO3 dan dikalsinasi dalam furnace selama 4 jam. Katalis abu sekam padi termodifikasi litium dikarakterisasi dan diuji aktivitasnya dalam pembuatan biodiesel. Persen berat katalis optimum dalam pembuatan biodiesel juga dipelajari dengan variasi sebesar 1,3 dan 5%. Biodiesel dari minyak biji malapari yang diperoleh dianalisis kualitasnya dengan mengacu pada SNI 04-7182-2006. Penelitian ini dilakukan untuk mensintesis dan mengetahui karakteristik katalis abu sekam padi termodifikasi litium serta mempelajari kemampuannya dalam mengkonversi minyak biji malapari menjadi biodiesel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa katalis abu sekam padi termodifikasi litium berhasil disintesis. Modifikasi abu sekam padi oleh litium mengakibatkan peningkatan kebasaan permukaan dan rasio Li:Si-nya serta mengakibatkan penurunan luas permukaan spesifiknya. Katalis abu sekam padi termodifikasi litium mampu meningkatkan efektifitas konversi minyak biji malapari menjadi biodiesel. Biodiesel yang dihasilkan telah memenuhi 2 parameter yakni densitas dan viskositas yang ditetapkan dalam SNI 04-7182-2006.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Made Indra Dwitama, Universitas Udayana
Chemistry
Muhammad Nasib, Universitas Udayana
Chemistry
Olivia Carolyn Sitepu, Universitas Udayana
Chemistry
Dwi Anggraeni Putri Suandi, Universitas Udayana
Chemistry
I Nengah Simpen, Universitas Udayana
Chenistry
Published
2016-07-01
How to Cite
DWITAMA, Made Indra et al. KONVERSI MINYAK BIJI MALAPARI (Pongamia Pinnata L.) MENJADI BIODIESEL MELALUI PEMANFAATAN KATALIS HETEROGEN ABU SEKAM PADI TERMODIFIKASI Li. Jurnal Kimia (Journal of Chemistry), [S.l.], july 2016. ISSN 2599-2740. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jchem/article/view/21440>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JCHEM.2016.v10.i02.p10.
Section
Articles

Keywords

Biodiesel, Abu Sekam Padi, Katalis Heterogen, Minyak Biji Malapari