ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA AKTIF ANTIJAMUR DARI DAUN MIMBA (Azadiractha indica A. Juss.) SEBAGAI PENGENDALI JAMUR Fusarium sp. PADA TANAMAN BUAH NAGA (Hylocereus sp.)

  • Sri Wahjuni Universitas Udayana
  • Ni Made Puspawati Universitas Udayana
  • Ni Putu Rusma Eva Arista Universitas Udayana

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan isolasi, identifikasi dan uji aktivitas antijamur dari ekstrak daun mimba (AzadirachtaIndica) terhadap jamur Fusarium sp. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi minimum ekstrak mimba yang dapat menghambat pertumbuhan jamur Fusarium sp. dan mengidentifikasi golongan senyawa aktifnya. Serbuk daun mimba sebanyak 1000 gram diekstraksi menggunakan etanol 70%. Kemudian ekstrak pekat etanol dipartisi dengan menggunakan n-heksana, kloroform dan etil asetat. Hasil skrining awal uji aktivitas antijamur yang dilakukan pengamatan selama tiga hari menunjukkan ekstrak kloroform memiliki aktivitas antijamur dengan daya hambat sebesar 1 mm. Ekstrak kloroform selanjutnya diuji aktivitas antijamur dengan varian konsentrasi. Pada konsentrasi 10 ppm dan 30 ppm tidak menunjukkan adanya daya hambat, sedangkan pada konsentrasi 50; 70; dan 100 ppm menunjukkan daya hambat berturut-turut yaitu 9,5;  9,75; dan 18,3 mm yang termasuk kategori sedang sampai kuat. Ekstrak kloroform selanjutnya dipisahkan dengan kromatografi kolom menggunakan silika gel sebagai fase diam dan n-heksana : etil asetat : kloroform (1:1:1) sebagai fase gerak dan diperoleh 3 fraksi. Hasil uji kemurnian menunjukkan fraksi 3 dikatakan relatif murni secara KLT. Selanjutnya fraksi 3 diuji fitokimia dan  diidentifikasi menggunakan spektrofotometer UV-Vis dan Inframerah. Hasil uji fitokimia menunjukkan fraksi 3 merupakan senyawa terpenoid. Hasil analisis UV-Vis fraksi 3 memberikan serapan maksimum pada panjang gelombang 410,80 nm, 325,60 nm, dan 269,40 nm yang diduga adanya transisi elektron dari  n-?* , n-?*, dan ?-?*. Berdasarkan hasil spektra inframerah dan fitokimia fraksi 3 menunjukkan puncak yang sesuai dengan gugus fungsi karakteristik terpenoid yaitu O-H, C-H alifatik, C=O karbonil, dan C=C alifatik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Wahjuni, Universitas Udayana
Chemistry
Ni Made Puspawati, Universitas Udayana
Chemistry
Ni Putu Rusma Eva Arista, Universitas Udayana
Chemistry
Published
2016-07-01
How to Cite
WAHJUNI, Sri; PUSPAWATI, Ni Made; ARISTA, Ni Putu Rusma Eva. ISOLASI DAN IDENTIFIKASI SENYAWA AKTIF ANTIJAMUR DARI DAUN MIMBA (Azadiractha indica A. Juss.) SEBAGAI PENGENDALI JAMUR Fusarium sp. PADA TANAMAN BUAH NAGA (Hylocereus sp.). Jurnal Kimia (Journal of Chemistry), [S.l.], july 2016. ISSN 2599-2740. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jchem/article/view/21435>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JCHEM.2016.v10.i02.p05.
Section
Articles

Keywords

AzadirachtaIndica, Fusarium sp., terpenoid