Studi Perencanaan Fasilitas Pengelolaan Sampah (Material Recovery Facility) Sebagai Upaya Optimalisasi Untuk Meningkatkan Efisiensi Kualitas Pengelolaan Sampah Di Kampus Sudirman Universitas Udayana

  • Adi Mulyanto PS Ilmu Kesehatan Masyarakat Fak. Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Permasalahan sampah yang banyak melanda kota-kota di Indonesia sering disebabkan oleh sistem pengolahan secara konvensional yaitu kumpul - angkut - buang, tanpa ada proses pengurangan dan pemanfaatan kembali sampah yang dibawa ke TPA. Salah satu upaya mengurangi volume sampah yang dibawa ke TPA adalah dengan mengubah fungsi dari TPS menjadi Fasilitas Pengelolaan Sampah (FPS).

Untuk membuat perencanaan FPS di Kampus Sudirman Universitas Udayana, maka perlu menganalisis volume sampah, berat sampah dan potensi nilai ekonomi sampah tersebut. Dari hasil analisis tersebut diperoleh hasil rata-rata volume sampah sebesar 4,91 m3/hari, berat sampah sebesar 270,82 kg/hari dan potensi nilai ekonomi sampah yang dapat didaur ulang sebesar Rp. 15.785.820,00/tahun.

Hasil analisis tersebut merupakan acuan untuk membuat desain FPS yang nantinya dapat dikelola dengan baik sesuai prosedur yang berlaku dan memperhatikan setiap komponen yang dibutuhkan, perhitungan besar lahan sortir dan gudang serta jumlah pekerja dan peralatan yang digunakan dalam opersional FPS.

Analisis keuangan FPS yang dilakukan menghasilkan nilai Net Present Value (NPV) sebesar -Rp. 110.561.453 juta rupiah dengan nilai Oppurtunity Cost of Capital (OCC) 12%, Internal Rate of Return (IRR) sebesar -366,58 %, dan Benefit/Cost Ratio sebesar 0,36. Proyek FPS ini tetap dapat dilaksanakan karena bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-07-10
How to Cite
MULYANTO, Adi. Studi Perencanaan Fasilitas Pengelolaan Sampah (Material Recovery Facility) Sebagai Upaya Optimalisasi Untuk Meningkatkan Efisiensi Kualitas Pengelolaan Sampah Di Kampus Sudirman Universitas Udayana. Community Health, [S.l.], v. 1, n. 2, july 2013. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jch/article/view/7641>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

Fasilitas Pengelolaan Sampah, Analisis Keuangan, Kesehatan Lingkungan