FLUKTUASI TEKANAN DARAH DAN EFEK PERFORMA NEUROBEHAVIOR PADA PAPARAN PESTISIDA ORGANOFOSFAT JANGKA PANJANG PADA REMAJA DI DAERAH PERTANIAN

  • I Nengah Wiadi Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • I Made Muliartha Bagian Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Pestisida organofosfat (OPs) merupakan jenis pestisida yang banyak digunakan dalam praktek pertanian. Pestisida ini berpotensi menyebabkan efek negatif pada organism non-target termasuk manusia. Efek negatif tersebut dapat timbul pada berbagai sistem organ termasuk sistem kontrol tekanan darah dan neurobehavior. Dari populasi di daerah pertanian, remaja merupakan salah satu populasi yang berisiko terhadap paparan pestisida OP jangka panjang selain usia dewasa. Paparan ini dapat melalui beberapa cara dan rute.  Untuk mengetahui efek tersebut, maka dilakukan penelitian analitik observasional. Pada penelitian ini sebanyak  diambil sebanyak 36 remaja dengan paparan pestisida OPs jangka panjang dan 39 remaja tanpa paparan pestisida OPs.  Pada setiap subjek dilakukan pengukuran fluktuasi tekanan darah (sistole dan diastol) dan performa neurobehavior. Sebanyak 28 data dari masing-masing kelompok kemudian dipilih secara acak. Data yang terpilih kemudian dianalisis untuk mendapatkan beda rerata kedua kelompok.  Dari hasil analisis data, beda rerata fluktuasi sistol didapatkan 3,571 (95%CI: 5,740-5,740) mmHg dan diastol sebesar 7,393 (95%CI: 4,888-9,897) mmHg,  lebih tinggi pada kelompok dengan paparan pestisida OPs jangka panjang. Performa neurobehavior diukur dengan waktu reaksi (untuk menilai fungsi atensi), digit symbol (untuk fungsi psikomotor) dan tapping (untuk kecepatan motorik). Beda rerata waktu reaksi didapatkan 0,162 (95%CI: 0,080 0,243) detik dan skor digit symbol 14,286 (95%CI(-20,087)-(-8,486)). Sedangkan hasil uji nonparametrik variabel tapping dengan hasil tidak signifikan. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa remaja dengan paparan pestisida OP jangka panjang di daerah pertanian memiliki fluktuasi tekanan darah lebih tinggi dan performa neurobehavior lebih uruk dibandingkan remaja yang tidak terpapar, kecuali kecepatan motorik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-31
How to Cite
WIADI, I Nengah; MULIARTHA, I Made. FLUKTUASI TEKANAN DARAH DAN EFEK PERFORMA NEUROBEHAVIOR PADA PAPARAN PESTISIDA ORGANOFOSFAT JANGKA PANJANG PADA REMAJA DI DAERAH PERTANIAN. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 6, n. 4, mar. 2017. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/29328>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Keywords

Pestisida Organofosfat; Perubahan Tekanan Darah; Performa Neurobehavior; Daerah Pertanian