IDENTIFIKASI BAKTERI Eschercia coli SEROTIPE O157 DENGAN MEDIA SORBITOL MACCONKEY AGAR (SMAC) PADA DALUMAN (Cylea berbata) DARI PEDAGANG ES DALUMAN DI KOTA DENPASAR

  • I Made Wira Kusuma Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
  • Made Agus Hendrayana Bagian/SMF Mikrobiologi FK UNUD

Abstract

Indonesia memiliki angka morbiditas dan mortalitas diare yang tinggi, dimana kontaminasi makanan oleh Eschercia coli merupakan salah satu penyebab diare. Es daluman merupakan salah satu minuman yang digemari masyarakat Bali yang dalam pembuatan sampai penyajian daluman sangat rentan akan kontaminasi bakteri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya bakteri E.coli khususnya serotipe O157 pada daluman yang dijual pedagang es daluman di Kota Denpasar.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan rancangan penelitian studi eksploratif pada 10 sampel daluman yang didapatkan dengan teknik nonrandom sampling. Digunakan media Tryptic Soy Broth (TSB) sebagai penyubur koloni bakteri, McConkey sebagai isolasi bakteri gram negatif, dan media Eosin Methylen Blue Agar (EMBA) sebagai media identifikasi Eschercia Coli. Penanaman pada media Sorbitol MacConkey Agar (SMAC) dilakukan apabila didapatkan koloni E. coli pada media EMBA.

Pada sepuluh sampel yang ditanam di media McConkey dari media penyubur TSB, hanya satu sampel dengan kode DF yang menunjukan koloni berwarna merah jambu yang dicurigai koloni Eschercia Coli. Akan tetapi setelah ditanam pada media EMBA, pada sampel DF tidak menunjukan koloni yang berwarna hijau metalik. Pada pengamatan mikroskopik yang diambil dari koloni McConkey, sampel dengan kode DA, DD, dan DJ diamati koloni bakteri yang berbentuk basil berwarna merah dan pada sampel dengan kode DB, DC, DE, DF, DG, DH, dan DI diamati koloni bakteri berbentuk kokobasil berwarna merah. Dapat disimpulkan bahwa tidak ditemukan kontaminasi E. coli pada sepuluh sampel daluman dari pedagang es daluman di wilayah kota Denpasar (0%).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-01-21
How to Cite
WIRA KUSUMA, I Made; AGUS HENDRAYANA, Made. IDENTIFIKASI BAKTERI Eschercia coli SEROTIPE O157 DENGAN MEDIA SORBITOL MACCONKEY AGAR (SMAC) PADA DALUMAN (Cylea berbata) DARI PEDAGANG ES DALUMAN DI KOTA DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 6, n. 1, jan. 2017. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/28436>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Keywords

Eschercia coli Serotipe O157; SMAC; daluman