PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAGING BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) TERHADAP VIABILITAS SEL LIMFOSIT PADA KULTUR PBMC YANG DIPAPAR H2O2 3%

  • Ni Wayan Devi Yulianti Program Studi Pendidikan Dokter Kedokteran Universitas Udayana
  • I Gusti Kamasan Nyoman Arijana Bagian Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Abstract

Sistem kekebalan tubuh mempunyai peranan yang sangat vital bagi kesehatan. Sistem imun diperlukan untuk melindungi tubuh terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh berbagai bahan dalam lingkungan, salah satunya radikal bebas. Antioksidan dapat meredam reaktivitas dari radikal bebas. Mahkota dewa khususnya daging buahnya mengandung antioksidan, yakni flavonoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek ekstrak etanol daging buah Mahkota Dewa terhadap viabilitas sel limfosit pada kultur PBMC yang dipapar H2O2 3%. Rancangan penelitian ini adalah eksperimental murni dengan pola Post Test Only Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah sel limfosit pada kultur PBMC sebanyak 816 x102 sel/ml. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konsentrasi ekstrak etanol daging buah Mahkota Dewa, variabel terikat adalah viabilitas sel limfosit. Data dianalisis dengan One Way ANOVA yang dilanjutkan dengan uji Post Hoc. Pada konsentrasi 0,00000196 gr/ml (P4) setelah pengamatan selama 30 menit, didapatkan nilai viabilitas tertinggi sebesar 92,58 %. Uji One Way ANOVA memperoleh hasil nilai p 0,001 (p <0,05) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada viabilitas sel limfosit antara kelompok yang diteliti. Pada analisis Post Hoc diperoleh hasil terdapat perbedaan yang paling signifikan secara statistik pada kelompok P1 dan P4 (p=0,001). Ekstrak etanol daging buah Mahkota Dewa efektif dalam meningkatkan viabilitas sel limfosit dibandingkan dengan kontrol positif. Konsentrasi 0,00000196 gr/ml merupakan konsentrasi yang paling efektif. Diperlukan penelitian lebih lanjut dengan jumlah sampel yang sama banyak pada setiap perlakuan serta konsentrasi yang lebih bervariasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Wayan Devi Yulianti, Program Studi Pendidikan Dokter Kedokteran Universitas Udayana
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Kedokteran Universitas Udayana
I Gusti Kamasan Nyoman Arijana, Bagian Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Bagian Histologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2016-08-03
How to Cite
DEVI YULIANTI, Ni Wayan; NYOMAN ARIJANA, I Gusti Kamasan. PENGARUH EKSTRAK ETANOL DAGING BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) TERHADAP VIABILITAS SEL LIMFOSIT PADA KULTUR PBMC YANG DIPAPAR H2O2 3%. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 5, n. 8, aug. 2016. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/22866>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Keywords

daging buah mahkota dewa; sel limfosit; H2O2