HUBUNGAN ANTARA JENIS KELAMIN DAN STATUS SOSIOEKONOMI KELUARGA TERHADAP SEKS PRANIKAH PADA REMAJA SMA/SEDERAJAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKAWATI I PADA TAHUN 2014

  • Anak Agung Putu Agung Raditya Wisesa Wedananta
  • Ni Wayan Citra Wulan Sucipta Putri

Abstract

Meningkatnya angka penyakit menular seksual dan HIV merupakan dampak dari perilaku seks pranikah pada remaja. Adapaun beberapa faktor yang berpengaruh terhadap perilaku seks pranikah para remaja adalah status sosioekonomi dan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian quantitatif dengan menggunakan rancangan analitik cross sectional. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan angket/kuesioner dengan jumlah sampel 136. Data yang terkumpul dianalisis dengan perangkat lunak komputer dengan uji Chi Square. Hasi penelitian ini menunjukkan 19,1% responden telah melakukan perilaku seks pranikah. Pada analisis bivariat, status sosioekonomi (p=0,918) tidak mempunyai hubungan yang signifikan terhadap perilaku seks pranikah. Sedangkan jenis kelamin (p=0,011;PR= 3,631; 95% IK =1,277-10,321) berhubungan secara signifikan terhadap perilaku seks pranikah dan jenis kelamin laki-laki berperan sebagai faktor risiko.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anak Agung Putu Agung Raditya Wisesa Wedananta

Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ni Wayan Citra Wulan Sucipta Putri
Bagian Ilmu Kedokteran Komunitas/Ilmu Kedokteran Pencegahan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
How to Cite
RADITYA WISESA WEDANANTA, Anak Agung Putu Agung; SUCIPTA PUTRI, Ni Wayan Citra Wulan. HUBUNGAN ANTARA JENIS KELAMIN DAN STATUS SOSIOEKONOMI KELUARGA TERHADAP SEKS PRANIKAH PADA REMAJA SMA/SEDERAJAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SUKAWATI I PADA TAHUN 2014. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], jan. 2016. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/17699>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Keywords

perilaku seksual pranikah, status sosioekonomi, jenis kelamin, faktor resiko