PERBANDINGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA PUSKESMAS I UBUD DAN PUSKESMAS II DENPASAR SELATAN JANUARI – OKTOBER 2012

  • Ni Luh Guantari
  • Agung Wiwiek Indrayani
  • I Wayan Sumardika

Abstract

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan penyakit dengan kejadian yang cukup tinggi di lingkungan tropis, salah satunya di Indonesia. Menurut UNICEF tahun 2001, kejadian ISPA dipengaruhi faktor lingkungan. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan pada tempat dengan karakteristik lingkungan yang berbeda yaitu di wilayah kerja Puskesmas I Ubud dan Puskesmas II Denpasar Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pola distribusi ISPA di kedua puskesmas tersebut. Metode penelitian adalah deskriptif potong lintang dengan melihat jumlah insiden, perbandingan kasus berdasarkan jenis kelamin, umur dan distribusi tiap bulan. Hasil penelitian didapatkan insiden ISPA di Puskesmas II Denpasar Selatan cenderung lebih tinggi (21,9 %) dibandingkan dengan Puskesmas I Ubud (13,5 %). Distribusi tiap bulan berfluktuasi namun cenderung tinggi pada awal tahun. Kejadian ISPA relatif sama antara laki-laki dan perempuan.  Pneumonia hanya ditemukan pada usia kurang dari 5 tahun  dan kejadian pneumonia di Puskesmas II Denpasar Selatan cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan Puskesmas I Ubud. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kejadian ISPA di Puskesmas II Denpasar Selatan (urban) cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan Puskesmas I Ubud (rural), dimana perbedaan ini kemungkinan disebabkan oleh perbedaan letak geografis dan tingkat polusi.


Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ni Luh Guantari

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana


Agung Wiwiek Indrayani
Bagian Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
I Wayan Sumardika
Bagian Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
How to Cite
GUANTARI, Ni Luh; INDRAYANI, Agung Wiwiek; SUMARDIKA, I Wayan. PERBANDINGAN KEJADIAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) PADA PUSKESMAS I UBUD DAN PUSKESMAS II DENPASAR SELATAN JANUARI – OKTOBER 2012. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], june 2015. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/13854>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Keywords

ISPA, Puskesmas I Ubud, Puskesmas II Denpasar Selatan