Kontribusi Pendapatan Pedagang Buah Terhadap Pengeluaran Rumah Tangga (Study Kasus : Pedagang Buah Di Pasar Badung Kota Denpasar)

  • Anastia petika Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Made Sukarsa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Abstract

Pasar Badung merupakan pasar tradisional yang berada di Kota Denpasar yang menyediakan berbagai macam kebutuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pendapatan pedagang buah terhadap pengeluaran rumah tangga dengan mengambil studi kasus pedagang buah di Pasar Badung Kota Denpasar. Data yang di gunakan adalah data skunder dan primer. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif  kontribusi pendapatan pedagang buah terhadap pengeluaran rumah tangga  sebesar 80,11 persen. Dan hasil olah data dengan menggunakan analisis regresi linear berganda secara serempak variabel pendapatan pedagang buah, pendapatan suami dan jumlah anggota keluarga berpengaruh signifikan terhadap pengeluaran rumah tangga. Secara parsial variabel pendapatan pedagang buah,pendapatan suami dan jumlah anggota keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengeluaran rumah tangga. Variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap pengeluaran rumah tangga adalah pendapatan pedagang buah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-07-16
How to Cite
PETIKA, Anastia; SUKARSA, I Made. Kontribusi Pendapatan Pedagang Buah Terhadap Pengeluaran Rumah Tangga (Study Kasus : Pedagang Buah Di Pasar Badung Kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], july 2014. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/9444>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Keywords

pendapatan pedagang buah;pendapatan suami;jumlah anggota keluarga