KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kepemimpinan transformasional Kepala Perpustakaan dalam meningkatkan kinerja pustakawan di Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha. Latar belakang penelitian didasarkan pada kepemimpinan transformasional dianggap sebagai model kepemimpinan yang efektif dalam mengelola perubahan serta meningkatkan motivasi dan kinerja pustakawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui observasi dan wawancara langsung di Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala perpustakaan menerapkan empat dimensi kepemimpinan transformasinal yaitu, idealized influence (kharisma), inspirational motivation (inspirasi motivasi), intellectual stimulation (stimulasi intelektual) dan individualized consideration (pertimbangan individual). Kepemimpinan ini berkontribusi dalam meningkatkan produktivitas, adaptasi terhadap teknologi serta solidaritas tim pustakawan. Faktor lain seperti sistem kerja yang terstruktur, fasilitas yang memadai serta kerja tim yang solid turut mendukung efektivitas layanan perpustakaan. Dengan pendekatan kepemimpinan yang fleksibel dan inovatif, perpustakaan mampu memberikan layanan yang lebih optimal dan responsif terhadap kebutuhan pemustaka.
Downloads
References
Motivasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Bank Btn Batam. Jurnal Dimensi, 5(2), 1–15. https://doi.org/10.33373/dms.v5i2.6
Bass, B. M., & Avolio. (2003). Predicting
unit performance by assessing transformational and transactional Leadership. Journal of Applied Psychology, 88(2), 207–218. https://doi.org/10.1037/0021-9010.88.2.207
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006).
Transformational Leadership (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates. https://doi.org/10.5742/mewfm.2017.92984
Dettman, D. (2024). Promoting Open
Access in Israeli Academic Libraries: What Needs to Change? Evidence Based Library and Information Practice, 19(4), 108–110. https://doi.org/10.18438/eblip30611
Dinahaji, H. S. (2012). Pengaruh
Pemberian Insentif Terhadap Kinerja Pustakawan Di Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 133–139. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/730/706
Gumusluoglu, L., & Ilsev, A. (2009).
Transformational Leadership, creativity, and Organizational Innovation. Journal of Business Research, 62(4), 461–473. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2007.07.032
Hakim, A. F. (2018). Pengaruh
Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Banjarmasin Post Group). Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga, 131. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162123
Harmoko, S. (2017). Implementasi Gaya
Kepemimpinan Transformasional pada Perpustakaan Perguruan Tinggi. Media Informasi, 8(1), 21–28. https://doi.org/10.22146/mi.v28i1.3925
Ishtiaq, M. (2019). Book Review Creswell,
J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage. English Language Teaching, 12(5), 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40
Malahati, F., B, A. U., Jannati, P.,
Qathrunnada, Q., & Shaleh, S. (2023). Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902
Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C.
A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2015). Purposeful Sampling for Qualitative Data Collection and Analysis in Mixed Method Implementation Research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42(5), 533–544.
Tafvelin, S. (2013). The Transformational
Leadership Process: Antecedents, Mechanisms, and Outcomes in the Social Services. Department of Psychology, Umeå universitet. https://books.google.co.id/books/about/The_Transformational_Leadership_Process.html?id=SZfijwEACAAJ&redir_esc=y
Winarandu, M. (2013). Faktor-Faktor
Penyebab Rendahnya Kinerja Pustakawan Di Kantor Perpustakaan, Arsip, Dan Dokumentasi (KPAD) Pesisir Selatan. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 2 (September), 64–71.
Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan
Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.31506/jsc.v1i1.7764