EVALUASI PEMANFAATAN ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG (OPAC) DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS UDAYANA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan Online Public Access Catalog (OPAC) di Perpustakaan Universitas Udayana serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan penelitian deskriptif dan model analisis Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), yang mencakup empat indikator: performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam terhadap lima informan (empat mahasiswa sebagai informan utama, dan satu pustakawan sebagai informan pendukung), serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa OPAC memberikan kemudahan dan efisien dalam pencarian informasi, namun belum dimanfaatkan secara optimal oleh seluruh pemustaka. Faktor-faktor seperti kemudahan penggunaan, manfaat yang dirasakan, pengaruh lingkungan sekitar, serta ketersediaan fasilitas teknis dan bantuan pustakawan turut memengaruhi pemanfaatan OPAC. Minimnya bimbingan langsung dari pustakawan, khususnya mahasiswa baru. Diperlukan peningkatan pelatihan dan sosialisasi untuk mendorong pemanfaatan OPAC secara maksimal dalam mendukung kebutuhan informasi sivitas akademika di Perpustakaan Universitas Udayana.
Downloads
References
Hafid, A. (2020). Pemanfaatan OPAC sebagai Sarana Penelusuran Informasi di Perpustakaan Digital. Jurnal Pustaka Ilmu, 8(2), 113–120.
Haryanti, L., & Nugroho, B. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 3(1), 45–52.
Husna, M. R., & Pramaningtyas, R. (2024). Peran OPAC dalam Mendukung Akses Informasi Digital di Perguruan Tinggi. Jurnal Literasi Informasi, 12(1), 27–35.
Kurniawan, A. (2021). Literasi Informasi dan Pemanfaatan Teknologi Perpustakaan di Era Digital. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(1), 56–64.
Lestari, F., & Wahyuni, S. (2020). Evaluasi Pemanfaatan OPAC oleh Mahasiswa pada Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Pustakawan Indonesia, 5(2), 90–98.
Nanlohy, N., Setiawan, R., & Tamba, E. (2023). Optimalisasi Layanan OPAC pada Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 9(3), 74–81.
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Standar Nasional Perpustakaan Perguruan Tinggi. (2017). Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.
Rahmatillah, R., & Sumiati, D. (2022). Peran Pustakawan dalam Meningkatkan Literasi Informasi Mahasiswa. Jurnal Pustaka dan Informasi, 10(1), 22–30.
Shaleha, F., Damayanti, A., & Wahyudi, M. (2024). Pemanfaatan OPAC dan Kendala Penggunaannya di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Kajian Perpustakaan, 11(2), 61–68.
Susanto, B., Putra, I. W., & Rahayu, D. (2017). Analisis Model UTAUT dalam Penggunaan Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Teknologi dan Informasi, 6(2), 55–64.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. (2007). Jakarta: Hukum Administrasi Negara.