Infeksi Cacing Saluran Pencernaan Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) Yang Diperdagangkan Di Pasar Satria Denpasar

  • Kadek Ari Dwipayanti
  • Ida Bagus Made Oka
  • Aida LT Rompis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan intensitas serta prevalensi infeksi cacing saluran pencernaan pada monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang diperdagangkan di Pasar Satria Denpasar. Empat puluh lima sampel feses M. fascicularis (24 ekor monyet betina dan 21 ekor monyet jantan) diambil secara aseptis, diberi label dan selanjutnya diperiksa di laboratorium Parasitologi FKH Universitas Udayana. Sampel diperiksa menggunakan metode konsentrasi sedimentasi untuk mengidentifikasi jenis cacing dan modifikasi McMaster untuk mengetahui intensitas infeksi. Jenis cacing saluran pencernaan yang berhasil diidentifikasi berturut-turut adalah Ancylostoma sp. (91,1%), Trichostrongylus sp./Oesophagostonum sp. (73,3%), Trichuris sp. (22,2%), Ascaris sp. dan Taenia sp. (4,4%). Rataan intensitas infeksi cacing      Ancylostoma sp. 4913 ± 4849 telur per gram tinja, Thrichostrongylus sp./ Oesophagostonum sp. 871 ± 816 telur per gram tinja, Trichuris sp. berkisar      171 ± 111 telur per gram tinja. Ascaris sp. dan Taenia sp. memiliki intensitas terendah yakni <100 telur per gram tinja. Secara umum prevalensi kecacingan adalah 93,3%. Prevalensi kecacingan pada monyet betina (52,2%) sedangkan pada monyet jantan (48,8%). Berdasarkan umur, prevalensi kecacingan pada anakan, bayi, dan dewasa berturut-turut (72,1%), (25,6%), dan (2,3%). Pola infeksi umumnya tipe infeksi campuran (82,3%) dibandingkan infeksi tunggal (17,7%).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kadek Ari Dwipayanti
Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan
Ida Bagus Made Oka
Laboratorium Parasitologi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan
Aida LT Rompis
Laboratorium Mikrobiologi Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan
Published
2014-02-01
How to Cite
DWIPAYANTI, Kadek Ari; OKA, Ida Bagus Made; ROMPIS, Aida LT. Infeksi Cacing Saluran Pencernaan Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) Yang Diperdagangkan Di Pasar Satria Denpasar. Buletin Veteriner Udayana, [S.l.], feb. 2014. ISSN 2477-2712. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/buletinvet/article/view/8897>. Date accessed: 18 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Macaca fascicularis, infeksi, cacing saluran percernaan, prevalensi.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>