LANDING CHARACTERISTICS OF FISHING GEARS IN SMALL-SCALE TROPICAL COASTAL FISHERIES OF PELABUHANRATU BAY, WEST JAVA AND ITS APPLICATION FOR GEAR MANAGEMENT

  • Eko Sri Wiyono Department of Fisheries Resources Utilization, Faculty of Fisheries and Marine Science, Bogor Agricultural University

Abstract

Dalam rangka pengelolaan alat tangkap berbasis ekologi, beberapa indikator komunitas ikan diusulkan untuk mengkarakterisasi alat tangkap yang digunakan pada perikanan skala kecil di Teluk Pelabuhanratu. Lima alat tangkap dikaji berdasarkan data deret waktu hasil tangkapan  bulanan alat tangkap komersial. Hasil analisis menunjukkan bahwa berbagai metode yang digunakan menunujukkan hasil yang saling menunjang. Indeks musim penangkapan, produktivitas dan keragaman indeks ikan yang didaratkan berfluktuasi secara musiman dan mencapai nilai tinggi di musim kemarau. Bagan dan jaring insang, yang tergolong alat tangkap pasif, cenderung memiliki kemiripan karakteristik sepanjang tahun. Kedua alat tangkap yang dikategorikan sebagai alat tangkap multi-target, memiliki periode musim penangkapan yang pendek di musim kemarau dan memiliki tingkat kesamaan hasil tangkapan yang tinggi  sepanjang tahun. Alat tangkap pasif lainnya, pancing ulur dan jaring insang tetap, yang dikategorikan sebagai alat tangkap dengan target tunggal, juga menunjukkan karakteristik serupa. Sebaliknya, payang yang dioperasikan secara aktif dan dikategorikan sebagai alat tangkap dengan multi-target, menunjukkan karakteristik yang berbeda dengan alat tangkap lainnya. Berdasarkan fakta tersebut dapat dismpulkan bahwa dinamika kelimpahan ikan bersama-sama dengan kondisi oseanografi, kapasitas perikanan dan kemungkinan adanya interaksi antar alat tangkap telah menyebabkan keberadaan spesies ikan target berubah dinamis secara musiman. Hasil lain dari penelitian ini juga menunjukkan bahwa untuk mencapai perikanan yang berkelanjutan di Teluk Pelabuhanratu, perlu adanya pengurangan penggunaan bagan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-08-01
How to Cite
WIYONO, Eko Sri. LANDING CHARACTERISTICS OF FISHING GEARS IN SMALL-SCALE TROPICAL COASTAL FISHERIES OF PELABUHANRATU BAY, WEST JAVA AND ITS APPLICATION FOR GEAR MANAGEMENT. Bumi Lestari, [S.l.], v. 12, n. 2, aug. 2012. ISSN 2527-6158. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/blje/article/view/4811>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Original Research Articles

Keywords

indikator komunitas ikan; manajemen alat tangkap; karakteristik hasil tangkapan; dinamika musiman; perikanan skala kecil.