THE INFLUENCE OF LOCAL TRAFFIC ON NOISE LEVEL (CASE STUDY: BYPASS NGURAH RAI AND SUNSET ROAD, BALI)

  • D.M Priyantha Wedagama Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Udayana University, Kampus Bukit Jimbaran-Badung, Bali 80361

Abstract

Studi ini meneliti pengaruh faktor-faktor lalu lintas lokal terhadap tingkat kebisingan di jalan arteri di Bali dengan studi kasus jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai dan Sunset Road. Model regresi sederhana dan regresi berganda disusun dengan variabel-variabel volume dan kecepatan lalu lintas serta nilai kebisingan yang diperoleh dari hasil pengukuran tingkat kebisingan di kedua jalan arteri tersebut. Model yang disusun terdiri dari 1 variabel tidak bebas dan 8 variabel bebas menggunakan perangkat lunak SPSS versi 15. Hasil studi ini menyimpulkan bahwa volume lalu lintas dari sepeda motor dan jarak pengamatan kebisingan dari garis tengah jalan terdekat sangat berpengaruh terhadap tingkat kebisingan. Volume sepeda motor berpengaruh sebesar 26.7% terhadap tingkat kebisingan dan gabungan volume sepeda motor dan jarak pengamatan kebisingan dari garis tengah jalan terdekat berpengaruh sebesar 46.9% terhadap tingkat kebisingan. Semakin besar volume lalu lintas dari sepeda motor semakin tinggi pula tingkat kebisingan. Kebijakan di bidang transportasi seperti pengurangan jumlah sepeda motor di jalan raya dan pada saat yang bersamaan memperbaiki kualitas angkutan umum merupakan alternatif untuk mengurangi tingkat kebisingan. Penelitian ini juga menyarankan suatu studi lanjutan untuk menentukan jarak pengamatan yang ideal dari garis tengah jalan pada saat pengukuran tingkat kebisingan di jalan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-02-01
How to Cite
WEDAGAMA, D.M Priyantha. THE INFLUENCE OF LOCAL TRAFFIC ON NOISE LEVEL (CASE STUDY: BYPASS NGURAH RAI AND SUNSET ROAD, BALI). Bumi Lestari, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 24-31, feb. 2012. ISSN 2527-6158. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/blje/article/view/1531>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Original Research Articles

Keywords

Model kebisingan; jalan arteri; volume lalu lintas; jarak pengamatan