Peran Kepedulian Pada Lingkungan dalam Memediasi Pengaruh Pengetahuan Tentang Lingkungan Terhadap Niat Pembelian Produk Hijau (Studi Pada Produk TV LED Merek Samsung di Kota Denpasar)

  • Made Pradnyan Permana Usadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Ketut Giantari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • Made Wardana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK

Green marketing tengah menjadi perhatian di kalangan pemasar baik lokal maupun internasional dalam mengembangkan produk hijau mereka untuk menarik niat beli konsumen. Maka penting untuk memahami perilaku konsumen terhadap produk hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengetahuan tentang lingkungan dan kepedulian pada lingkungan sebagai prediktor terhadap niat pembelian produk hijau TV LED merek Samsung di Kota Denpasar. Sampel berjumlah 60 responden dari seluruh wilayah Kota Denpasar dengan metode purposive sampling menggunakan analisis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan tentang lingkungan memiliki pengaruh signifikan terhadap niat pembelian produk hijau dan kepedulian pada lingkungan. Disisi lain, kepedulian pada lingkungan memiliki pengaruh yang tidak signifikan dan tidak memediasi pengaruh pengetahuan tentang lingkungan terhadap niat pembelian produk hijau.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-01-14
How to Cite
PERMANA USADI, Made Pradnyan; GIANTARI, I Gusti Ayu Ketut; WARDANA, Made. Peran Kepedulian Pada Lingkungan dalam Memediasi Pengaruh Pengetahuan Tentang Lingkungan Terhadap Niat Pembelian Produk Hijau (Studi Pada Produk TV LED Merek Samsung di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 4, n. 1, jan. 2015. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/10026>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

green marketing, pengetahuan tentang lingkungan, kepedulian pada lingkungan, niat pembelian produk hijau.