Studi Perencanaan Pembangkit Listrik Mikrohidro Di Desa Sambangan Kabupaten Buleleng Bali

  • DPD Suparyawan Univeritas Udayana
  • INS Kumara Univeritas Udayana
  • Wayan G Ariastina Univeritas Udayana

Abstract

Pemanfaatan PLTMH telah dilakukan di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng-Bali dengan nama PLTMH Cahaya Abadi. PLTMH Cahaya Abadi memanfaatkan sebagian aliran air dari Sungai Tiying Tali. Berbagai kendala berakibat PLTMH tersebut terbengkalai. Dari permasalahan tersebut, dilakukan evaluasi terhadap PLTMH Cahaya Abadi dan perancangan teknis PLTMH Baru yang sesuai potensi dan mengacu pada berbagai kriteria pembangunan PLTMH.Observasi setiap komponen sipil dan mekanikal- elektrikal PLTMH Cahaya Abadi. Debit rancangan PLTMH Baru ditentukan berdasarkan aliran terendah. Tinggi head diperoleh dengan menggunakan GPS dan Google Earth. Persamaan yang merupakan pola dari ukuran bangunan sipil dari beberapa PLTMH lain digunakan sebagai pendekatan untuk menentukan ukuran bangunan sipil PLTMH Baru. Dari hasil analisis diperoleh bahwa kondisi komponen penyusun PLTMH Cahya Abadi dibangun secara sederhana dan tidak sesuai dengan kriteria pembanguan PLTMH. Perancangan PLTMH Baru
menggunakan debit desain sebesar 0,623 m3/s dan head 18 m, maka potensi listriknya adalah 82,42 kW. Ukuran
masing-masing bangunan sipil adalah bendung 5 x 1 m, saluran pembawa 150 x 1 x 1 m, kolam penenang 5 x 2 x 1,5 m, pipa pesat panjangnya 73 m dan diameter 0,508 m, rumah daya 5 x 4 m. Turbin berjenis crossflow, kapasitas generator 132 kVA dan kapasitas ballast load 157 kVA.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

DPD Suparyawan, Univeritas Udayana
Program Studi Magister Teknik Elektro, Program Pasca Sarjana, Universitas Udayana
INS Kumara, Univeritas Udayana
Program Studi Magister Teknik Elektro, Program Pasca Sarjana, Universitas Udayana
Wayan G Ariastina, Univeritas Udayana
Pasca Sarjana, Universitas Udayana
How to Cite
SUPARYAWAN, DPD; KUMARA, INS; ARIASTINA, Wayan G. Studi Perencanaan Pembangkit Listrik Mikrohidro Di Desa Sambangan Kabupaten Buleleng Bali. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 12, n. 2, dec. 2013. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/15546>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Keywords

Bangunan sipil, Mekanikal-Elektrikal, Mikrohidro, PLTMH, Pembangkit terbarukan.