Hubungan Persepsi dan Kepuasan Konsumen dengan Daya Saing Rumah Makan Babi Guling di Kabupaten Gianyar

  • Hestiani P. T. PS. Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
  • I N. Suparta PS. Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
  • K. Budaarsa PS. Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana

Abstrak

Bali terkenal dengan banyak jenis makanan tradisional, salah satu yang terkenal adalah babi guling. Sejak jaman dahulu babi guling digunakan sebagai salah satu sarana upacara keagamaan. Seiring berkembangnya jaman dan peningkatan jumlah penduduk bukan hanya untuk upacara tetapi sudah banyak babi guling yang dikonsumsi masyarakat. Kecamatan Gianyar dan Ubud sebagai salah satu mobilitas dan daerah pariwisata yang berkembang pesat, tampaknya memberi peluang untuk berkembangnya usaha rumah makan khususnya babi guling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi dan kepuasan konsumen terhadap daya saing rumah makan babi guling di Kabupaten Gianyar. Penelitian ini dilaksanakan selama 12 minggu di Rumah Makan Babi Guling di Kabupaten Gianyar. Pemilihan lokasi penelitian menggunakan metode Purposive Sampling dan penentuan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Responden dari penelitian ini sebanyak 80 konsumen yang mengkonsumsi babi guling. Variabel yang diamati adalah persepsi konsumen, kepuasan konsumen dan daya saing rumah makan babi guling. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi konsumen terhadap kuliner babi guling dikategorikan tinggi dengan rataan 75,73%. Kepuasan konsumen terhadap kuliner babi guling dikategorikan tinggi dengan rataan 76,27%. Daya saing rumah makan babi guling dikategorikan tinggi dengan rataan 68,52%. Hubungan antara persepsi konsumen terhadap daya saing rumah makan babi guling adalah sangat nyata (P<0,01) dan hubungan antara kepuasan konsumen terhadap daya saing rumah makan babi guling adalah nyata(P<0,05). Dari hasil penelitian maka dapat disarankan agar produsen memahami mengenai standar kebutuhan konsumen sehingga rumah makan dapat menyajikan produk yang sesuai atau melebihi kebutuhan konsumen.


Kata kunci: Persepsi, kepuasan, daya saing, babi guling

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

PS Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Jl. P.B. Sudirman, Denpasa

##submission.authorWithAffiliation##

PS Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Jl. P.B. Sudirman, Denpasa

##submission.authorWithAffiliation##

PS Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana, Jl. P.B. Sudirman, Denpasa

Diterbitkan
2018-10-26
##submission.howToCite##
P. T., Hestiani; SUPARTA, I N.; BUDAARSA, K.. Hubungan Persepsi dan Kepuasan Konsumen dengan Daya Saing Rumah Makan Babi Guling di Kabupaten Gianyar. Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 803-816, oct. 2018. ISSN 2722-7286. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/43162>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##