TINGKAT ADOPSI INOVASI TEKNOLOGI PENGOLAHAN KOTORAN TERNAK SAPI MENJADI BIOGAS DAN PUPUK ORGANIK PADA GAPOKTAN SIMANTRI DI KABUPATEN GIANYAR

  • Mahardika C.B.D.P. Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
  • Suparta IN. Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
  • Siti N.W Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana

Abstract

Adopsi inovasi pengolahan kotoran ternak sapi menjadi biogas dan pupuk organik merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan petani. Kemampuan tersebut menjadi salah satu indikator keberhasilan gapoktan dalam mengelola kegiatan simantri. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui tingkat adopsi inovasi pengolahan kotoran sapi menjadi biogas dan pupuk organik pada gapoktan simantri dan (2) mengetahui hubungan antara karakteristik individu dan sifat inovasi terhadap tingkat adopsi inovasi pengolahan kotoran ternak sapi menjadi biogas dan pupuk organik. Penelitian dilakukan di tujuh kecamatan di Kabupaten Gianyar. Responden penelitian sebanyak 62 orang yang terdiri dari ketua dan anggota kelompok dari 31 kelompok simantri tahun 2009-2012. Pengambilan sampel menggunakan metode acak distratifikasi tidak proporsional. Jenis data berupa data primer dan sekunder. Metode  pengambilan  data  primer adalah  wawancara  secara  langsung,  observasi  dan dokumentasi, data sekunder diambil dengan metode arsip.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat adopsi inovasi pengolahan kotoran ternak sapi menjadi pupuk organik dan biogas oleh gapoktan simantri adalah sedang; (2) terdapat hubungan yang sangat nyata (P<0.01) antara pendidikan non formal dan semua indikator sifat inovasi dengan adopsi biogas dan pupuk organik. Umur berhubungan sangat nyata (P<0.01) dengan adopsi biogas, namun pada inovasi pupuk organik, umur hanya berhubungan nyata (P<0.05). Jumlah pemilikan lahan berpengaruh nyata (P<0.10) dengan adopsi inovasi biogas dan pupuk organik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mahardika C.B.D.P., Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Suparta IN., Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Siti N.W, Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Program Studi Ilmu Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
Published
2014-04-30
How to Cite
C.B.D.P., Mahardika; IN., Suparta; N.W, Siti. TINGKAT ADOPSI INOVASI TEKNOLOGI PENGOLAHAN KOTORAN TERNAK SAPI MENJADI BIOGAS DAN PUPUK ORGANIK PADA GAPOKTAN SIMANTRI DI KABUPATEN GIANYAR. Jurnal Peternakan Tropika, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 100-111, apr. 2014. ISSN 2722-7286. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/tropika/article/view/18449>. Date accessed: 16 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Adopsi inovasi, biogas, pupuk organik, simantri