RANCANG BANGUN FILM ANIMASI 3D KISAH I RAJAPALA
Main Article Content
Abstract
Kebanyakan cerita rakyat dituangkan ke dalam bentuk buku cerita, sehingga kurang menarik minat masyarakat untuk membacanya. Dengan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian berupa pemanfaatan teknologi informasi, dengan mengemas tampilan cerita rakyat ke dalam bentuk film animasi 3D. Metode pembuatan film animasi dimulai dari proses pra produksi, produksi, post produksi dan terakhir final produksi, dengan memanfaatkan perangkat lunak open source yaitu Blender 2.6. Penelitian ini menghasilkan sebuah film animasi 3D, dengan mengangkat salah satu cerita rakyat dari Pulau Bali yang berjudul Kisah I Rajapala, dan sebagian besar responden memberikan nilai 4 (baik) dari hasil kuesioner yang dibagikan setelah menonton film tersebut.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
EKA SUPUTRA, Putu; PIARSA, I Nyoman; ARYA SASMITA, Gusti Made.
RANCANG BANGUN FILM ANIMASI 3D KISAH I RAJAPALA.
Jurnal SPEKTRUM, [S.l.], v. 2, n. 4, p. 14-19, mar. 2016.
ISSN 2684-9186.
Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/spektrum/article/view/20073>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Keywords
Animasi 3D, Cerita Rakyat, Kisah I Rajapala
Section
Articles
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.