EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN LURING: HUBUNGAN PENGAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD MAARIF SUMBEREJO

  • Adi Wahyu Firnanto Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Udayana
  • Nazrina Zuryani Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Udayana
  • Gede Kamajaya Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Udayana

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara efektivitas pembelajaran matematika secara daring dan luring dengan hasil belajar siswa di SDN Maarif Sumberejo, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil Matematika siswa dari tahun 2018/2019 sampai dengan 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ex-post facto dan menggunakan teori belajar yang efektif oleh Bistari B. Yusuf. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah total 153 siswa di SDN Maarif Sumberejo, dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh 103 siswa sebagai sampel dengan mengirimkan penelitian kuesioner kepada orang tua melalui e-mail dan mailquestionnaire. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, uji regresi, uji korelasi dan uji varians gabungan. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran daring tidak efektif dan pembelajaran luring efektif. Hipotesis 1, 2, dan 3 dalam penelitian ini diterima karena nilai thitung > ttable, didukung oleh nilai korelasi yang berada pada tingkat korelasi yang kuat. Pada masalah kedua yang dirumuskan, diketahui bahwa hipotesis 4 diterima, dan hipotesis 5 sehingga hipotesis 6 ditolak, dengan cepat mendukung hipotesis 1, 2, 3 dalam penelitian ini diterima. Disarankan bahwa model baru pembelajaran online Matematika untuk Sekolah Dasar harus mengakomodasi semua aspek untuk membuatnya efektif dan memberdayakan siswa.


Kata Kunci: Efektivitas Belajar, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, Hasil Belajar Siswa, Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-03-29
How to Cite
FIRNANTO, Adi Wahyu; ZURYANI, Nazrina; KAMAJAYA, Gede. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DAN LURING: HUBUNGAN PENGAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD MAARIF SUMBEREJO. JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI: SOROT, [S.l.], v. 3, n. 1, mar. 2023. ISSN 2827-914X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/99483>. Date accessed: 08 july 2024.
Section
Articles