KANDUNGAN TIMBAL (Pb) DAN STRUKTUR HISTOLOGI LAMBUNG IKAN MUJAIR (Oreochromis mossambicus) YANG HIDUP DI PERAIRAN UPAL PT. ITDC

  • shanon lestari Biologi FMIPA Universitas Udayana
  • Ngurah Intan Wiratmini Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana
  • Job Nico Subagio Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Udayana

Abstract

Nusa Dua merupakan kawasan pariwisata dengan rancang bangun yang komprehensif dan terpadu sebagai sarana akomodasi wisata berkelas Internasional.  Pengelolaan limbah cair dikelola secara terpadu pada Unit Pengelolaan Air Limbah (UPAL) milik PT. ITDC. Hotel – hotel membuang limbah cairnya melalui collection pit yang akan diakumulasikan di kolam UPAL. Tiga kolam terakhir digunakan sebagai kolam pemeliharaan ikan salah satunya ikan mujair, sebagai bioindikator. Ikan mujair dikolam itu dapat hidup namun belum diketahui bagaimana histologi dan anatomi organnya, sehingga perlu kajian histologis. Rancangan penelitian yang digunakan Rancangan Acak Lengkap dengan pengambilan sampel ikan mujair pada dua titik pengambilan dari area lagoon. Sampel ikan mujair diambil sebanyak 8 kali sebagai ulangan, dari setiap kolam yaitu kolam nomor 2 B dan kolam nomor 3. Variabel yang diamati adalah kandungan timbal (Pb) pada daging ikan dan kerusakan jaringan pada organ lambung .  Rerata kandungan timbal dalam daging ikan dari kolam 2B sebesar 1,85 mg/kg, sedangkan dari kolam 3 sebesar 1,24 mg/kg. Jumlah sel dengan inti karyoreksis dan jaringan yang mengalami desquamasi sel epitel pada lambung ikan mujair (O. mossambicus) dari kolam 3 lebih rendah secara nyata dibandingkan di kolam 2B. Peralihan dari kolam 2B ke kolam 3 mengurangi kandungan timbal dan kerusakan histologis.


Kata Kunci: mujair, lambung, logam berat, Pb

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-03
How to Cite
LESTARI, shanon; WIRATMINI, Ngurah Intan; SUBAGIO, Job Nico. KANDUNGAN TIMBAL (Pb) DAN STRUKTUR HISTOLOGI LAMBUNG IKAN MUJAIR (Oreochromis mossambicus) YANG HIDUP DI PERAIRAN UPAL PT. ITDC. SIMBIOSIS, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 9098, sep. 2020. ISSN 2656-7784. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/simbiosis/article/view/62955>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JSIMBIOSIS.2020.v08.i02.p05.
Section
Articles