Pemodelan Virtual Reality 360 Desa Bali Aga Bayung Gede Untuk Pendidikan Dan Pariwisata Digital Arsitektur

Main Article Content

Antonius Karel Muktiwibowo

Abstract

Arsitektur di Desa Bali Aga Bayung Gede merupakan warisan leluhur dan budaya  yang harus dilestarikan sebagai sumber sejarah pendidikan dan pariwisata bagi masyarakat lokal nasional dan internasional. Dalam penelitian ini model  aplikasi Virtual Reality 360 akan dilihat sebagai upaya untuk pariwisata digital khususnya yang terkait dengan pariwisata arsitektur Bali.  Dengan berkembangnya teknologi pengenalan desa dan arsitektur Bali Aga dapat dilakukan secara tidak langsung yaitu dengant dukungan virtual reality 360 yang dapat menghadirkan suasana desa secara virtual tanpa harus berada disana secara fisik.. Prosesnya dimulai  dengan memuat model virtual reality 360 dengan objek Arsitektur Bali Aga Bayung Gede sehingga dapat memvisualisasikan wisata dan pemandangan panorama kemudian mengunggahnya ke server digital agar dapat diakses secara internasional diikuti dengan evaluasi persepsi dari pengguna akhir dengan tujuan  peningkatan  kualitas model virtual reality yang terbaik untuk pariwisata digital dan pendidikan. Beberapa dokumentasi arsitektur, aktivitas, budaya dan aktivitas masyarakat Bali Aga Bayung Gede akan dimodelkan dalam  Virtual reality  360 sehingga dapat dilakukan  perbandingan dan analisa konten untuk mendapatkan kesimpulan model Virtual Reality 360 terbaik yang dapat meningkatkan minat pariwisata arsitektur di  Bali Aga Bayung Gede.

Article Details

How to Cite
MUKTIWIBOWO, Antonius Karel. Pemodelan Virtual Reality 360 Desa Bali Aga Bayung Gede Untuk Pendidikan Dan Pariwisata Digital Arsitektur. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Senastek), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 290-296, dec. 2023. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/senastek/article/view/109231>. Date accessed: 28 feb. 2024.
Section
Articles

References

1. Prambayun, A., D. Oktaviany, and Y.F.J.J. Achmad, Analisis Potensi Virtual reality sebagai Strategi Pemasaran Pariwisata Kota Pagar Alam. 2022. 9(3): p. 2641-2651.
2. Wicaksana, G.B.A., I.W. Widanan, and N.M.W.J.J.S. Pratiwi, Jelajah Ruang Desa Berbasis Virtual Reality Di Desa Sembiran. 2022. 2(2): p. 68-76.
3. Sihite, B., F. Samopa, and N.A.J.J.T.I. Sani, Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality (Studi Kasus: Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit). 2013. 2(2): p. A397-A400.
4. Ramadhan, R.R., et al., Virtual Tour Video 360 Sebagai Media Promosi Objek Wisata Kabupaten Pangandaran. 2019. 2(2): p. 76-84.
5. Anggariani, P. and I.G.N.D.J.E.J.P.M. Paramartha, Digital Tourism Transformation (Virtual Traveling) sebagai Solusi Dampak Covid-19 pada Sektor Pariwisata di Desa Kampial, Bali. 2021. 4(01): p. 71-77.
6. Waraney, S.P., V. Tulenan, and A.A.J.J.T.I. Sinsuw, Pengembangan Virtual Tour Potensi Wisata Baru Di Sulawesi Utara Menggunakan Teknologi Video 360 Derajat. 2017. 12(1).
7. Herawan, T., et al., Wisata Virtual di the Louvre Museum Paris dan Pasar Terapung Pattaya Menggunakan Teknologi Virtual Reality Berbasis Youtube 360. 2023. 8(1): p. 304-339.