Variasi dan Karakteristik Komentar Netizen di Media Sosial

Main Article Content

I GUSTI NGURAH PARTHAMA NI KETUT ALIT IDA SETIANINGSIH, Ms

Abstract

Paper ini membahas dan mengidentifikasikan variasi dan karakteristik komentar pengguna internet atau netizen di media sosial. Media sosial menjadi teknologi yang paling sering digunakan sebagai bagian dari komunikasi sekarang ini. Media sosial memberikan kesempatan setiap orang untuk berinteraksi, memperoleh informasi, berbelanja, atau lainnya. Kehadiran media sosial dengan beragam fitur yang menyertainya memberi kesempatan pengguna internet berperan aktif. Netizen turut serta memberikan komentar terhadap topik tertentu, kejadian, pengumuman, maupun aktivitas baik terkait publik figur, pejabat negara atau daerah, maupun orang penting lainnya. Salah satu bentuk interaksi aktif netizen adalah penggunaan kolom komentar. Hampir di sebagian besar platform media sosial terdapat kolom komentar yang memberi kesempatan netizen berperan serta. Paper ini menggunakan sumber data dari media sosial Facebook dan akun diskusi internet Kaskus. Data yang digunakan adalah keseluruhan komentar pada kolom komentar sebuah topik diskusi di Facebook. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan diikuti teknik membaca rinci, mengklasifikasikan, dan menganalisa data terpilih. Analisa data dilakukan secara kualitaitf dan dideskripsikan berdasarkan teori serta studi terkait analisa komunikasi pada era digital. Simpulan yang diperoleh adalah komentar-komentar yang ada terbagi menjadi variasi komentar negatif, komentar positif, dan netral. Dari keseluruhan komentar yang dipilih, komentar yang ditemukan secara lebih mendetail mencakup karakteristik komentar subyektif, komentar langsung, komentar tidak langsung, dan komentar reguler komparasi. Masing-masing karakteristik komentar mempunyai fitur-fitur penanda yang membedakan satu karakteristik dan karakteristik lainnya.

Article Details

How to Cite
PARTHAMA, I GUSTI NGURAH; SETIANINGSIH, NI KETUT ALIT IDA. Variasi dan Karakteristik Komentar Netizen di Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi (Senastek), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 129-133, dec. 2023. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/senastek/article/view/108050>. Date accessed: 28 feb. 2024.
Section
Articles

References

[1] Annesia, F.Z. (2018). Gaya Bahasa dan Fungsi Bahasa Caption Pada Akun Gosip di Instagram. Skripsi Prodi Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
[2] Atmawati, D. (2016). Penggunaan Bahasa Pada Media Sosial dalam International Seminar Prasasti III: Current Research in Linguistics, pp 212-217.
[3] Damayanti, R. (2018). Diksi dan Gaya Bahasa dalam Media Sosial Instagram dalam Jurnal Widyaloka IKIP Widya Darma, Vol. 5 No. 3, Juli, pp. 261-278.
[4] Hendrawan, A.Y. (2021). Penggunaan Bahasa Indonesia Berdasarkan Pedoman EYD Pada Media Sosial Facebook dalam Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2 No. 2 Februari, p-ISSN 2745-7141 e-ISSN 2746-1920, pp. 181-193.
[5] Kusmanto, H., & Purbawati, C. (2019). Ketidaksopanan Berkomentar Pada Media Sosial Instagram Studi Politikopragmatik dalam Jurnal Kata : Penelitian tentang Ilmu Bahasa dan Sastra, 217 - 227.
[6] Liu, B. (2015). Sentiment Analysis Mining Opinions, Sentiments, and Emotions. Cambridge University Press.
[7] Nurdin, A. & Labib, M. (2021). Komunikasi Sosial Generasi Milenial di Era Industri 4.0 pada Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 5 Nomor 2. DOI: 10.15575/cjik.14912 ISSN 2549-8452
[8] Page, R., Barton, D., Unger, J.W., Zappavigna, M. (2014). Researching Language and Social Media. Routledge.
[9] Reimer, J., Haring, M., Loosen, W., Maalej, W., & Merten, L. (2021). Content Analyses of User Comments in Journalism: A Systemic Literature Review Spanning Communication Studies and Computer Science. Digital Journalism, pp. 1-38.