A Psychological Analysis of the Main Character in the Novel A Breath of Fresh Air by Erica James

  • Ida Ayu Ari Putri Kartini Udayana University
  • I Wayan Resen Udayana University
  • I Made Sena Darmasetiyawan Udayana University

Abstract

Skripsi ini diberi judul “Menganalisis Psikologi dari karakter utama di dalam novel A Breath of Fresh Air oleh Erica James”. Topik ini mendiskusikan tentang motif dari karakter utama menceraikan suaminya dan bagaimana faktor psikologi mempengaruhi motivasi dari karakter utama untuk melakukan perubahan dalam hidupnya. Tujuan dari penulisan judul skripsi ini adalah untuk mengamati bagaimana aspek psikologi mempengaruhi tujuan dan motivasi dari karakter utama di dalam menjalani kehidupan rumah tangganya. Menganalisis sebuah karakter tidak bisa lepas dari elemen intrinsik didalamnya seperti plot dan setting.


Data yang dikumpul menggunakan metode dokumentasi dengan cara membaca dan mencatat data yang dibutuhkan. Penulisan dari skripsi ini menggunakan teori kesusastraan oleh Wellek and Werren dan teori Psikologi oleh Bernhardt. Tujuan dari karakter utama menceraikan suaminya bisa dilihat dari lima jenis motif manusia yang diterbitkan oleh Bernhardt yaitu the Appetites, The want, the emotion, feeling and attitude, and social motive. Dan faktor psikologis yang mempengaruhi motivasi Charlotte yaitu motivasi dari luar dirinya sendiri. Dari luar yang dimaksud adalah dia banyak mendapatkan dukungan dari sahabat, saudara dan teman baiknya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-01
How to Cite
ARI PUTRI KARTINI, Ida Ayu; RESEN, I Wayan; SENA DARMASETIYAWAN, I Made. A Psychological Analysis of the Main Character in the Novel A Breath of Fresh Air by Erica James. Humanis, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 10-17, aug. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/32696>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles