The Study of Adjective Admirable and Its Near Synonyms in Corpus of Contemporary American English (COCA)

  • Ni Wayan Manik Septianiari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi penggunaan kata sifat admirable dan sinonimnya, yaitu commendable, laudable, dan estimable; menjelaskan struktur kolokasi kata tersebut dan menganalisis maknanya.


Data yang digunakan bersumber dari Corpus of Contemporary American English (COCA) yang mencakup lima ranah, yaitu ranah bahasa lisan, fiksi, majalah, surat kabar, dan akademik. Data dikumpulkan melalui metode korpus dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data yang ditemukan dianalisis dengan teori kolokasi yang diusulkan oleh Benson, dkk  didukung dengan Quirk, dkk, dan teori makna oleh Leech.


Hasil analisis menunjukkan bahwa admirable merupakan kata sifat dengan  jumlah frekuensi penggunaan tertinggi,yaitu 500 penggunaan dan yang terendah yaitu estimable dengan 177 penggunaan. Dalam hal kolokasi leksikal jenis pertama, yakni kata sifat + kata benda, frekuensi penggunaan tertinggi yaitu admirable + kata benda yang memiliki 457 penggunaan. Sementara itu, yang terendah yakni estimable + kata benda memiliki 96 penggunaan. Selanjutnya, jenis kolokasi leksikal yang lain yaitu kata keterangan + kata sifat. Pada jenis ini, penggunaan tertinggi yakni kata sifat + admirable yang memiliki 351 penggunaan. Namun, yang terendah yaitu kata keterangan + estimable yang memiliki 26 penggunaan. Dilihat dari fungsinya, fungsi atributif muncul pada kolokasi leksikal jenis pertama. Sementara itu, fungsi atributif dan predikatif muncul pada kolokasi leksikal jenis kedua. Makna yang ditemukan yakni makna kolokasi dan konseptual.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
MANIK SEPTIANIARI, Ni Wayan. The Study of Adjective Admirable and Its Near Synonyms in Corpus of Contemporary American English (COCA). Humanis, [S.l.], v. 18, n. 1, feb. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/27009>. Date accessed: 19 june 2021.
Section
Articles

Keywords

kata sifat, sinonim,corpus