A SEMANTIC STUDY OF SONG LYRICS OF FOSTER THE PEOPLE

  • Komang Dian Permatajaya

Abstract

Studi ini difokuskan kepada analisis aspek semantik dari lirik-lirik lagu di album Torches dari band Foster the People. Tujuan dari studi ini dibagi menjadi dua. Pertama, studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi fitur-fitur semantik diantaranya hiperbola, personifikasi, dan simile yang ditemukan pada lirik-lirik lagu di album Torches dari band Foster the People. Kedua, studi ini bertujuan untuk menjelaskan makna kata dari fitur-fitur semantik diantaranya hiperbola, personifikasi, and simile yang digunakan di dalam lirik-lirik lagu tersebut. Metode yang digunakan untk memilih data pada studi ini adalah metode obervasi dan teknik pengambilan catatan. Studi ini menganalisis secara kualitatif berdasarkan teori figuratif dari Perrine (2005) dan teori makna kata dari Geoffrey Leech (1974).

Hasil analisis dalam studi ini menunjukkan bahwa lirik-lirik lagu di album Torches mengandung fitur-fitur semantik diantaranya hiperbola, personifikasi, dan simile. Makna kata diantaranya makna konseptual, stylistik, and afektif juga dipresentasikan di dalam fitur-fitur semantik tersebut. Fitur-fitur semantik dan makna kata tersebut digunakan oleh penulis lagu dengan tujuan untuk menghibur pendengar dari lagu-lagu tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
PERMATAJAYA, Komang Dian. A SEMANTIC STUDY OF SONG LYRICS OF FOSTER THE PEOPLE. Humanis, [S.l.], jan. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/17215>. Date accessed: 03 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Lirik lagu, fitur-fitur semantik, makna kata