Teks Verbal dan Visual Media Kampanye Pilgub Bali

  • Admin Jurnal Pustaka 081933079954

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan teks verbal dan visual yang digunakan oleh kandidat gubernur ketika pemilihan gubernur (pilgub) Bali lalu. Sebagian suatu bentuk komunikasi, teks verbal dan visual pada media kampanye pilgub Bali tentunya mengandung makna dan pesan tertentu. Hal tersebut tidak lepas dari perencaan dan pembuatan suatu media kampanye yang serupa dengan media iklan. Media seperti itu mempunyai pesan dan makna tertentu yang disampaikan kepada para pembaca atau yang melihatnya. Apalagi media kampanye yang bertujuan untuk menyampaikan gagasan, pandangan, serta mengajak seseorang untuk memilih, sudah tentu memiliki pesan dan makna khusus. Sumber data yang digunakan pada artikel ini adalah media kampanye luar ruang selama pelaksanaan masa sosialisasi dan masa kampanye pilgub Bali. Sumber data diambil dari media kampanye kedua kandidat gubernur Bali yang dipasang di seluruh kabupatan/kota di Bali. Data yang digunakan adalan teks verbal dan teks visual pada media – media tersebut.  Hanya tiga data yang dianalisa untuk artikel ini. Metode dokumentasi diaplikasikan untuk pengumpulan data dengan teknik perekaman, pembacaan secara rinci, pemilahan, dan pengklasifikasian. Sedangkan metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisa data berdasarkan teori – teori kajian wacana. Simpulan yang diperoleh adalah teks verbal atau teks tulis media kampanye berisikan paparan informasi dan gagasan. Selain itu, pilihan kosakata mengacu pada bentuk pencitraan diri kandidat gubernur. Pada kesempatan yang sama, daya ilokusi yang dimunculkan lebih dominan pada model asertif. Sementara itu, teks visual mempunyai kecenderungan pemilihan pewarnaan, gambar kandidat, maupun logo – logo seperti partai politik tetap memberikan kontribusi pada keberlangsungan komunikasi melalui media kampanye.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dyer, Gillian. 1993. Advertising as Communication. New York: Routledge.

Koentjaraningrat. 1987. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia.

Leech, Geoffrey. 1983. The Principles of Pragmatics. New York: Longman.

Mahayani, Ni Putu Sri. 2013. Kekuatan Bahasa Verbal dan Nonverbal Dalam Iklan Layanan Masyarakat dalam Dinamika Bahasa Media Televisi, Internet Dan Surat Kabar, editor Prof. Dr. I Wayan Pastika, M.S. Denpasar: Udayana University Press.

Nunan, David. 1993. Discourse Analysis. London: Penguin English.

Rozak, Achmad Fuad Abdul. 2009. Iklan Politik Caleg Dalam Persepsi Pemilih Pemula. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Diunduh pada tanggal 18 Februari 2014.

Wijana, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2009. Analisis Wacana Pragmatik Kajian Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Published
2019-08-31
How to Cite
JURNAL PUSTAKA, Admin. Teks Verbal dan Visual Media Kampanye Pilgub Bali. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 118-125, aug. 2019. ISSN 2528-7516. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pustaka/article/view/61662>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/PJIIB.2019.v19.i02.p10.
Section
Articles