Variasi Bahasa Sunda di Daerah Pesisir Jabar Selatan

  • Asri Soraya Afsari Universitas Padjadjaran
  • Teddi Muhtadin Universitas Padjadjaran

Abstract

Setiap bahasa di dunia memiliki variasi. Bentuk variasi bahasa dapat dibedakan berdasarkan letak geografis, sosial, dan temporal. Bahasa Sunda sebagai salah satu bahasa daerah di Indonesia memiliki pula variasi tersebut. Secara geografis, bahasa Sunda yang berada di daerah pegunungan memiliki perbedaan dengan bahasa Sunda di daerah pesisir (pantai). Begitu pun bahasa Sunda yang berada di pesisir Jabar Utara memiliki perbedaan pula dengan bahasa Sunda di pesisir Jabar Selatan. Pangandaran merupakan salah satu wilayah yang ada di lintasan pantai Jabar Selatan. Daerah ini banyak didatangi oleh penduduk yang berasal dari Jawa, seperti Cilacap yang menyebrang ke daerah Jawa Barat. Awalnya para pendatang hanya melakukan perdagangan dan mengadu nasib. Seiring waktu para pendatang tersebut kemudian menikah dengan warga asli dan menetap di Pangandaran. Kehadiran para pendatang tentu membawa banyak pengaruh pada kehidupan masyarakat yang ada di Pangandaran, tidak terkecuali dalam hal bahasa dan budaya. Bahasa Sunda yang digunakan di daerah Pangandaran memiliki karakteristik sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian makrolinguistik bidang dialektologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk variasi bahasa Sunda yang ada di daerah Pangandaran. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode lapangan melalui teknik wawancara informan dan metode survei melalui penyebaran koesioner.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kridalaksana, Harimurti. 1993 Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia.

McDavid, C. Poster, and C. Biliard (ed) 1974A Manual for Dialect Research in The Southern States. University Alabama.

Nababan. 1984 Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: Gramedia.

Pateda, Mansur. 1990 Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa.

Pei, Mario. 1966 Glossary of Linguistics Terminology. New York and London: Colombia University Press.

Richards et al. 1987 Longman Dictionary of Applied Linguistics. Longman.

Sobarna, Cece., Tien Wartini, dan Taufik Ampera 2004 Bahasa dan Sastra Daerah di Kabupaten Tangerang. Bandung: Pemkab Tangerang dan Pusat Studi Sunda.

(www.pangandarankab.go.id/profil-pangandaran/
Published
2019-02-28
How to Cite
SORAYA AFSARI, Asri; MUHTADIN, Teddi. Variasi Bahasa Sunda di Daerah Pesisir Jabar Selatan. Pustaka : Jurnal Ilmu-Ilmu Budaya, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 13-16, feb. 2019. ISSN 2528-7516. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/pustaka/article/view/61024>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/PJIIB.2019.v19.i01.p03.
Section
Articles