Peran kecerdasan sosial dan orientasi masa depan terhadap kesiapan kerja siswa SMK di Bali

  • Ni Putu Angelina Nanda Devi Pertiwi Universitas Udayana
  • Komang Rahayu Indrawati Psikologi Udayana

Abstract

Kesiapan kerja merupakan keinginan dan kemampuan individu untuk melakukan suatu pekerjaan yang didasari oleh keserasian antara keterampilan dan pengetahuan untuk mendapatkan serta mempertahankan pekerjaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data dari Badan Pusat Statistik (2018) yang menyebutkan angka pengangguran SMK merupakan yang tertinggi yaitu sebesar 8,92%. Angka ini menandakan terdapat ketidaksesuaian kompetensi lulusan siswa SMK padahal lulusan SMK merupakan lulusan yang dirancang untuk siap kerja. Hal ini membuat penelitian terkait kesiapan kerja perlu untuk dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui peran kecerdasan sosial dan orientasi masa depan terhadap kesiapan kerja. Subjek dalam penelitian ini adalah 463 siswa SMK di Bali yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kesiapan kerja, skala kecerdasan sosial, dan skala orientasi masa depan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,605, nilai koefisien determinasi sebesar 0,366 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0.05) dengan koefisien beta terstandarisasi pada variabel kecerdasan sosial sebesar 0,448 dan orientasi masa depan sebesar 0,232. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan sosial dan orientasi masa depan secara bersama-sama berperan meningkatkan taraf kesiapan kerja siswa SMK di Bali.


 


Kata Kunci: kecerdasan sosial, kesiapan kerja, orientasi masa depan,  siswa SMK

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianti, N. (2015). Profil kecerdasan sosial siswa SMA di Kota Bandung sebagai studi awal penyelenggaraan layanan bimbingan konseling. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(1), 40-59. Dikutip dari ejournal.umm.ac.id/index.php-/jipt/article/download/3838/4334. Diakses dan diunduh tanggal 12 Februari 2019
Agusta, Y. N. (2015). Hubungan antara orientasi masa depan dan daya juang terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Mulawarman. E-Journal Psikologi, 3(1), 369-381. Dikutip dari http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2015/02/JURNAL-%20YOSSY%20baru%20(02-11-15-07-11 38).pdf. Diakses dan diunduh tanggal 13 November 2018
Agustiono, S. (2018). Perkembangan kompetensi siswa SMK masih rendah. Dikutip dari: https://www.kompasiana.com/sagustiono/5aff945b5e13731f6534a2c4/perkembangan-kompetensi-siswa-smk-masih-rendah. Diakses tanggal 12 Desember 2018.
Aisyah, S. (2015). Hubungan self esteem dengan orientasi masa depan pada siswa SMA kelas XI di SMA Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Dikutip dari http://etheses.uin-malang.ac.id/1246/1/11410028_Pendahuluan.pdf. Diakses dan diunduh tanggal 2 Februari 2019
Aldily, R. (2017). The power of social & emotional intelligence. Bantul: Penerbit AHI
Amalia, K. (2011). Kenali cita-cita. Jakarta: PT Balai Pustaka
Arwani, I. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Status Sosial Ekonomi terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 1 Pajangan. E-Journal Pend. Teknik Sipil dan Perencanaan., 5(7), 1-8. Dikutip dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sipil/article/view/8532. Diunduh tanggal 15 Maret 2019.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Pusat Statistik. (2013). Profil migran, hasil survei sosial ekonomi nasional 2013. Dikutip dari: https://www.bps.go.id/publication/2014/03/17/aaceb4d0-005d19f3e5e40bf9/profil-migran-hasil-susenas-2013. Diakses tanggal 13 Maret 2018
Badan Pusat Statistik. (2018). Februari 2018: Tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 5,13 persen, rata-rata upah buruh per bulan sebesar 2,65 juta rupiah. Dikutip dari: https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/1484/februari-2018--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-13-persen--rata-rata-upah-buruh-per-bulan-sebesar-2-65-juta-rupiah.html Diakses tanggal 12 Maret 2018
Badan Pusat Statistik. (2018). Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Bali Agustus 2018 mencapai 1,37 persen. Dikutip dari: https://bali.bps.go.id/pressrelease/201811/05/717085/tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--di-bali-agustus-2018-mencapai-1-37-persen.html Diakses tanggal 12 Februari 2018
Brady, R. P. (2010). Work readiness inventory. Indianapolis: JIST Works.
Caballero, C., Walker, A., & Fuller-Tyszkiewicz, M. (2011). The work readiness scale (WRS): developing a measure to assess work readiness in college graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 2(2), 41 - 54. doi: 10.21153/jtlge2011vol2no1art552.
Damarjati, T. (2016). Konsep pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Dikutip dari: https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1869/konsep-pembelajaran-di-sekolah-menengah-kejuruan Diakses tanggal 20 Maret 2018
Dhila. (2018). Lulusan SMK susah dapat kerja? Jadi, salah siapa?. Dikutip dari: https://edu.dycode.co.id/lulusan-smk-susah-dapat-kerja-jadi-salah-siapa/ Diakses dan diunduh tanggal 20 Maret 2018
Djojonegoro. (1998). Pengembangan sumber daya manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset
Goleman, D. (2016). Social Intelligence: Ilmu baru tentang hubungan antar-manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Handayani, N. (2013). Pengaruh Minat dan Kemampuan Akademis terhadap Kesiapan untuk Memasuki Dunia Kerja Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Depok. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Dikutip dari https://eprints.uny.ac.id/30812/. Diakses dan diunduh tanggal 15 Maret 2019.
Juki, A. (2017). Pengaruh prakerin dan peran guru pembimbing terhadap kesiapan kerja siswa kelas XI pemasaran di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan ekonomi, 93(93), 1-137. Dikutip dari repository.unja.ac.id/1495/1/SKRIPSI FULL FILE.pdf. Diakses dan diunduh tanggal 12 Februari 2019
Latif, A., Yusuf, A. M., & Effendi, Z. M. (2017). Hubungan perencanaan karier dan efikasi diri dengan kesiapan kerja mahasiswa. Jurnal konselor, 6(1),29-38. doi: 10.24036/02017616535-0-00.
Lena. (2007). Hubungan antara orientasi masa depan dalam bidang pendidikan dengan prestasi belajar mahasiswa/i tahun pertama (penelitian pada mahasiswa/i Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya angkatan 2006). Theses - Undergraduate Theses. Fakultas Psikologi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta. Dikutip dari https://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=151598. Diakses tanggal 20 Maret 2019.
Nafisah, S. A. (2017). Hubungan antara orientasi masa depan dengan kesiapan kerja siswa SMK. Skripsi. Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. Dikutip dari http://eprints.ums.ac.id/53493/1/01.PUBLIKASI%20ILMIAH.pdf. Diakses dan diunduh tanggal 1 Februari 2019
Pendidikan Menengah Kejuruan. (2013). Pedoman pelaksanaan prakerin. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Depdiknas.
Permana, A. (2019). Kecerdasan sosial sangat penting dimiliki mahasiswa. Diakses dari: https://www.itb.ac.id/news/read/57000/home/kecerdasan-sosial-sangat-penting-dimiliki-mahasiswa. Diakses tanggal 1 Januari 2019.
Pertiwi, D. W. (2017). Pengaruh bimbingan karier terhadap kesiapan kerja siswa bidang keahlian tata busana di SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan keluarga, 3(1). Dikutip dari jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/keluarga/article/download/.../1109. Diakses dan diunduh tanggal 12 Januari 2019
Rengganis, A. (2017). Hubungan antara orientasi masa depan bidang pekerjaan dengan kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Pendidikan Indonesia. Skripsi. Program Studi Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, Jakarta.
Santrock, J. W. (2007). Remaja, jilid 2, edisi kesebelas. Jakarta: Erlangga.
Setiawan, R. (2018). Mendampingi anak masuk SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Jakarta: DITPSMK. Dikutip dari: https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/3898/mendampingi-anak-masuk-smk-sekolah-menengah-kejuruan. Diakses dan diunduh tanggal 17 Februari 2018
Setiyowati, E. (2015). Hubungan efektivitas bimbingan karir dan orientasi masa depan dengan keputusan karir remaja. Doctoral dissertation. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. Dikutip dari http://eprints.ums.ac.id/33872/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. Diakses dan diunduh tanggal 4 Maret 2018
Soejanto, L. T. (2015). Tingkat kecerdasan sosial mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Konseling Indonesia, 1(1), 14-22. Diunduh dari ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI/article/download/.../1624/. Diunduh tanggal 12 Februari 2018
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (Mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Utami, A. S. (2016). Hubungan antara dukungan sosial dengan kesiapan kerja siswa SMK. Skripsi. Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta. Dikutip dari http://eprints.ums.ac.id/45457/10/02.%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. Diakses dan diunduh tanggal 1 Februari 2019.
Utami, Y. G. D. Dan Hudaniah. (2013). Self efficacy dengan kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal ilmiah psikologi terapan, 1(1), 40-52. Dikutip dari ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/download/1356/1451. Diakses dan diunduh tanggal 12 Februari 2019
Walker, A., Yong, M., Pang, L., Fullarton, C., Costa, B., & Dunning, A. T. (2013). Work readiness of graduate health professionals. Nurse education today, 33(2), 116-122. doi: 10.1016/j.nedt.2012.01.007
Wibowo, A. (2016). Adversity quetient, self efficacy dan kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian multimedia SMKN 1 Kabupaten Jombang. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 5(2), 174-180. Dikutip dari https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/persona/article/view735. Diakses dan diunduh tanggal 13 Februari 2019
Wibowo. (2011). Manajemen kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Widyarini, (2014). Empat faktor kecerdasan budaya untuk meningkatkan keterampilan interpersonal. Dikutip dari: https://bppk.kemenkeu.go.id/id/publikasi/artikel/168-artikel-pengembangan-sdm/20131-empat-faktor-kecerdasan-budaya-untuk-meningkatkan-keterampilan-interpersonal. Diakses tanggal 10 Desember 2018.
Winkel, W. S dan Hastuti, S. M. M. (2007). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: PT. Grasindo.
Wispandono, M. (2018). Menguak kemampuan pekerja migran. Yogyakarta: Deepublish.
Published
2019-08-29
How to Cite
PERTIWI, Ni Putu Angelina Nanda Devi; INDRAWATI, Komang Rahayu. Peran kecerdasan sosial dan orientasi masa depan terhadap kesiapan kerja siswa SMK di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], p. 123-133, aug. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/52510>. Date accessed: 15 nov. 2024.
Section
Articles