Analisis Strategi Komunikasi Politik Jaya Negara dalam Membentuk Political Branding Melalui Media Sosial Instagram
Abstract
Media sosial merupakan salah satu media yang memudahkan masyarakat dalam berbagai atau mendapatkan informasi. Dalam dunia politik, para aktor politik saat ini mulai memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dan membangun image di mata masyarakat. Pembentukan branding politik yang dilakukan aktor-aktor politik melalui media sosial diharap akan membentuk persepsi masyarakat terhadap dirinya dan memudahkan mereka untuk melakukan komunikasi politik. Disamping itu, biaya dari penggunaan media sosial dalam membentuk branding politik tentunya lebih murah. Jaya Negara merupakan salah satu aktor politik yang menggunakan media sosial khususnya Instagram untuk berinteraksi dengan masyarakatnya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan mengenai pengaruh media sosial dalam komunikasi politik dan media sosial sebagai sarana pembentukan branding oleh Jaya Negara dalam melakukan kampanye pada pilkada 2020. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode literature review yang diperoleh dari analisis data-data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Jaya Negara sukses dalam membangun branding politiknya dengan menggunakan brand strategy yang terdiri dari brand positioning, brand identity dan brand personality. Dalam menganalisis respon baik masyarakt terhadap branding yang dibagun oleh Jaya Negara melalui media sosial penulis menggunakan metode five stage development.