PERGERAKAN POLITIK DAN MINORITAS ETNIS TIONGHOA DI INDONESIA MELALUI MUSEUM TIONGHOA: STUDI TEORI CHANTAL MOUFFE DAN LACLAU

  • Judith Ammaris Sidharta
  • I Ketut Putra Erawan
  • Gede Indra Pramana

Abstract

Latar belakang Penelitian ini berusaha untuk mengeksplorasi dan mempelajari bagaimana discourse minoritas yaitu etnis Tionghoa yang tertutupi oleh hegemoni yang diartikulasikan oleh berbagai kekuatan politik dominan dimana penelitian ini dilaksanakan di Museum Pustaka Peranakan Tionghoa. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau melihat kesulitan yang dialami etnis Tionghoa sebagai salah satu etnis minoritas di Indonesia dan upaya pergerakan yang telah dilakukan dan untuk mengetahui dan menjelaskan melalui analisis discourse etnis Tionghoa yang tidak dapat muncul ke permukaan dan mengapa hal tersebut terjadi. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dan alasan banyak orang menggunakan metode penelitian ini dikarenakan adanya hubungan antara objek yang diteliti dengan teori yang bersangkutan dengan desain penelitian discourse. Hasil analisis data penelitian menyimpulkan bahwa fenomena yang terjadi dalam sekian tahun ini. Museum Tionghoa di Indonesia hari ini telah menjadi medium bagi masyarakat luas untuk menyampaikan aspirasi. Indonesia perlu menjunjung tinggi demokrasi. Baik dalam dimensi ontologis dan epistemologis, setiap orang berhak menentukan pilihannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-02-27
How to Cite
SIDHARTA, Judith Ammaris; ERAWAN, I Ketut Putra; PRAMANA, Gede Indra. PERGERAKAN POLITIK DAN MINORITAS ETNIS TIONGHOA DI INDONESIA MELALUI MUSEUM TIONGHOA: STUDI TEORI CHANTAL MOUFFE DAN LACLAU. Jurnal Nawala Politika, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 173 - 183, feb. 2023. ISSN 2827-9131. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/politika/article/view/98665>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>