STUDI KHASIAT EKSTRAK DAUN BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN DAUN KATUK (Sauropus androgynus) TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL DAN LEMAK ABDOMEN ITIK

  • N. L. G. SUMARDANI FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA
  • I G. N. G. BIDURA FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA
  • I. A. P. UTAMI FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA
  • A. T. UMIYATI FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA
  • B. R. T. PUTRI FAKULTAS PETERNAKAN UNIVERSITAS UDAYANA

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari pengaruh pemberian ekstrak daun bawang putih (Allium sativum) dan katuk (Sauropus androgynus) terhadap penurunan kadar kolesterol dan lemak abdomen itik bali jantan umur 2-8 minggu. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan tiga perlakuan dan enam kali ulangan. Ketiga perlakuan tersebut adalah itik yang diberi air minum biasa sebagai kontrol (A), itik yang diberi air minum dengan 10% ekstrak daun bawang putih (B), dan 10% daun Katuk. Pemberian ransum dan air minum secara secara ad libitum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ransum dan air minum tidak menunjukkan adanya perbedaan yang nyata (P>0,05) diantara perlakuan. Berat badan akhir dan pertambahan berat badan itik meningkat nyata (P<0,05) dengan pemberian ekstrak daun bawang putih dan daun katuk melalui air minum. Sebaliknya, kadar kolesterol dalam serum darah dan jumlah lemak abdomen itik menurun secara nyata (P<0,05). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian 10% ekstrak daun bawang putih (Allium sativum) dan katuk (Sauropus androgynus) dapat meningkatkan penampilan dan menurunkan kandungan serum kolesterol darah dan jumlah lemak abdomen itik bali umur 2-8 minggu.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
SUMARDANI, N. L. G. et al. STUDI KHASIAT EKSTRAK DAUN BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN DAUN KATUK (Sauropus androgynus) TERHADAP PENURUNAN KADAR KOLESTEROL DAN LEMAK ABDOMEN ITIK. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 17, n. 1, june 2014. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/9134>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIP.2014.v17.i01.p05.

Keywords

ekstrak daun bawang putih, katuk, lemak abdomen, kolesterol, itik