PENGARUH PENGGANTIAN RANSUM KOMERSIAL DENGAN AMPAS TAHU TERHADAP KOMPONEN ORGAN DALAM BABI RAS

  • A. W. Puger
  • I. M. Suasta
  • P. A. Astawa
  • K. Budaarsa

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh penggantian ransum komersial dengan ampas tahu pada tingkat tertentu terhadap komponen organ dalam babi ras telah dilaksanakan di Banjar Sekarmukti Desa Pangsan, Kecamatan Petang. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan dan dua ulangan dan masing ulangan terdiri dari dua ekor babi ras. Perlakuan terdiri dari P0: ransum komersial tanpa ampas tahu (kontrol), P1: ransum komersial 5% diganti dengan ampas tahu, P2: ransum komersial 7,5% diganti dengan ampas tahu dan P3: ransum komersial 10% diganti dengan ampas tahu. Variabel yang diamati adalah organ dalam babi ras yang terdiri dari berat hati, paru-paru, jantung, ginjal, pankreas, kantong empedu, limfe, lambung kosong, panjang dan berat usus halus, usus besar, sekum dan berat lemak ligament. Data dianalisis ragam, apabila terdapat hasil berbeda nyata (P<0,05) dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berat hati, jantung, usus halus cenderung nyata lebih tinggi pada perlakuan P1 sedangkan variabel lainnya tidak
dipengaruhi oleh perlakuan (P>0,05). Dapat disimpulkan bahwa beberapa bagian organ dalam dipengaruhi oleh penggantian ransum komersial dengan ampas tahu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

A. W. Puger
Fakultas Peternakan Univ. Udayana
I. M. Suasta
Fakultas Peternakan Univ. Udayana
P. A. Astawa
Fakultas Peternakan Univ. Udayana
K. Budaarsa
Fakultas Peternakan Univ. Udayana
How to Cite
PUGER, A. W. et al. PENGARUH PENGGANTIAN RANSUM KOMERSIAL DENGAN AMPAS TAHU TERHADAP KOMPONEN ORGAN DALAM BABI RAS. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 18, n. 2, feb. 2016. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/18760>. Date accessed: 01 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIP.2015.v18.i02.p04.

Keywords

ampas tahu, ransum komersial, babi ras, komponen organ .

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>