KAJIAN KUALITAS FISIK DAGING KAMBING YANG DIPOTONG DI RPH TRADISIONAL KOTA DENPASAR

  • N. L. P. Sriyani
  • I. N. Tirta A.
  • S. A. Lindawati
  • I. N. S. Miwada

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah daging kambing yang di potong di RPH Tradisional di kota Denpasar layak di konsumsi di lihat dari aspek kualitas fisik daging. Data yang diperoleh di tabulasi dan dianalisis menggunakan metode diskriptif. Dari hasil penelitian ini, didapat rata-rata kualitas fisik daging kambing yang di potong di RPH tradisional di kota Denpasar adalah nilai pH 5,59, nilai warna daging adalah 5,14, nilai susut masak 39,74% dan nilai daya ikat air daging 30,90%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas fisik daging kambing yang dipotong di RPH tradisional di Denpasar masih dalam keadaan baik/normal
dilihat dari variable pH yang ada dalam kisaran pH ultimat dan variable lain seperti warna, susut masak dan daya ikat air daging dalam angka yang normal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

N. L. P. Sriyani
Fakultas Peternakan Univ. Udayana
I. N. Tirta A.
Fakultas Peternakan Univ. Udayana
S. A. Lindawati
Fakultas Peternakan Univ. Udayana
I. N. S. Miwada
Fakultas Peternakan Univ. Udayana
How to Cite
SRIYANI, N. L. P. et al. KAJIAN KUALITAS FISIK DAGING KAMBING YANG DIPOTONG DI RPH TRADISIONAL KOTA DENPASAR. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 18, n. 2, feb. 2016. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/18759>. Date accessed: 03 mar. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/MIP.2015.v18.i02.p03.

Keywords

daging kambing, RPH tradisional, kualitas fisik daging