STUDI PERBANDINGAN KUALITAS FISIK DAGING BABI BALI DENGAN BABI LANDRACE PERSILANGAN YANG DIPOTONG DI RUMAH POTONG HEWAN TRADISIONAL

  • Sriyani N. L. P.
  • Artiningsih Rasna N. M.
  • Lindawati S. A.
  • Oka A. A.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualitas fisik daging babi dari bangsa yang berbeda yaitu babi bali dan babi landrace persilangan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Two Independent Sample Test. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah warna daging, susut masak, susut mentah, daya ikat air daging. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa warna daging babi bali 39,47% nyata lebih tinggi (P<0,05) daripada daging babi landrace persilangan. Susut masak daging babi lokal tidak nyata 1,19% lebih kecil daripada daging babi landrace persilangan. Susut mentah daging babi bali 5,64% nyata lebih kecil daripada daging babi landrace persilangan. Daya ikat air daging babi bali tidak nyata, 1,09% lebih besar daripada daging babi landrace. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas fisik daging babi bali lebih baik daripada daging babi landrace persilangan dilihat dari variabel warna, dan susut mentah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sriyani N. L. P.
Fakultas Peternakan Universitas Udayana
Artiningsih Rasna N. M.
Fakultas Peternakan Universitas Udayana
Lindawati S. A.
Fakultas Peternakan Universitas Udayana
Oka A. A.
Fakultas Peternakan Universitas Udayana
How to Cite
N. L. P., Sriyani et al. STUDI PERBANDINGAN KUALITAS FISIK DAGING BABI BALI DENGAN BABI LANDRACE PERSILANGAN YANG DIPOTONG DI RUMAH POTONG HEWAN TRADISIONAL. Majalah Ilmiah Peternakan, [S.l.], v. 18, n. 1, jan. 2016. ISSN 2656-8373. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mip/article/view/17948>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIP.2015.v18.i01.p06.

Keywords

kualitas fisik daging, babi bali, babi landrace